4 Jenis Olahraga Ringan yang Cocok Dilakukan Ibu Hamil

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 8 November 2017 | 02:15 WIB
senam hamil (Santi Hartono)

Nakita.id - Setiap perempuan yang tengah hamil harus aktif bergerak dan juga mengonsumsi asupan gizi yang tepat. Hal ini bukan dilakukan untuk diri sendiri saja, tetapi untuk kesehatan dan keselamatan janin yang ada dalam kandungan.

Jill Dailey, selaku pendiri Dailey Method, berbagi empat olahraga yang ideal bagi ibu hamil untuk memberikan kesehatan fisik dan mental selama hamil hingga menghadapi persalinan.

1# Barre Lunges

Sikap berlutut dengan satu kaki sambil berpegangan pada barre (tiang penyangga yang tingginya sepinggang dan biasa digunakan untuk latihan fisik seperti balet) adalah latihan yang bagus untuk membentuk kekuatan dan keseimbangan pada otot paha depan dan gluteal.

Otot gluteal terletak di dasar tulang belakang, jadi penting untuk menjaga agar otot-otot sekitar panggul menjadi kuat dan kencang selama kehamilan untuk membantu mengimbangi potensi sakit punggung, yang umum terjadi karena pergeseran berat badan dari bayi.

Baca juga : Yuk, Cari Tahu Apa Yang Dipelajari Di Kelas Senam Hamil

Langkah-langkah:

- Pegang permukaan datar, tekuk satu kaki ke depan dan satu kaki lainnya dengan posisi setengah berlutut; Jaga agar punggung tetap tegak.

- Jaga lutut depan selaras dengan pergelangan kaki depan dan lutut belakang selaras di bawah pinggul belakang; bekerja untuk menekan pinggul ke belakang agar panggul tetap terpusat.

- Lakukan sebanyak 20 gerakan ke bawah dan ke atas bergantian.

- Juga, angkat kaki lurus dan berdiri dalam dua hitungan dan turunkan sebanyak mungkin dalam dua hitungan. Ulangi selama 20 kali.

2# Wide Turned-Out