8 Manfaat Lidah Buaya yang Ampuh Mengatasi Banyak Masalah Kesehatan

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 8 November 2017 | 03:30 WIB
Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Anak (Ipoel )

Nakita.id - Lidah buaya adalah tanaman ajaib yang mampu mencegah hingga menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dari sembelit hingga luka bakar. Ibaratnya, tanaman yang mudah tumbuh ini adalah keajaiban medis yang digunakan di seluruh dunia.

Selain bisa diminum, gel berlendir yang keluar dari lidah buaya dapat juga digunakan untuk kosmetik. Biar tak penasaran, yuk simak 8 kegunaan lidah buaya!

# 1 Sebagai antioksidan yang tinggi. Salah satu senyawa yang terdapat pada lidah buaya adalah polifenol, yang memiliki sifat antioksidan tinggi dan mampu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya yang menyebabkan berbagai penyakit infeksi pada manusia. L

Baca juga : 5 Manfaat Besar Lidah Buaya untuk Bayi

# 2 Menyembuhkan luka bakar. Dari sengatan sinar matahari ringan sampai luka bakar tingkat dua, lidah buaya dapat membantu kulit yang terbakar terobati dengan cepat saat dioleskan secara topikal dalam bentuk gel.

Sebenarnya, penelitian telah menunjukkan bahwa mengoleskan gel lidah buaya secara teratur di daerah kulit yang terbakar dapat mengurangi waktu penyembuhan sebanyak 9 hari dibandingkan dengan salep bakar konvensional dan pilihan pengobatan lainnya.

# 3 Mencegah penyakit gigi. Plak gigi, yang merupakan biofilm bakteri di sekitar gusi dan gigi bertanggung jawab atas sebagian besar penyakit gigi, termasuk rongga dan radang gusi.

Sebuah penelitian menemukan, membilas mulut dengan jus lidah buaya 100% sama efektifnya dengan chlorhexidine (obat kumur standar tinggi) untuk mengurangi pembentukan plak.

Ini disebabkan lidah buaya yang memiliki sifat antibakteri yang membunuh dan mencegah pertumbuhan S.mutans, yang merupakan bakteri utama yang terlibat dalam kebanyakan penyakit mulut.

Baca juga : Cara Alami Mengatasi Alergi Kulit

# 4 Mempercepat penyembuhan ulkus (sariawan) mulut yang berulang. Ulkus mulut berulang biasanya disebabkan oleh stres dan defisiensi makanan. Ketika penyakit ini muncul, maka kita akan merasakan ketidaknyamanan selama minimal 7 sampai 10 hari.

Kondisi ini menjadi tak tertahankan bagi kebanyakan orang karena ulkus ini sangat menyakitkan saat seseorang bersentuhan dengan makanan. Studi telah menemukan, mengoleskan gel aloe vera pada ulkus mulut berulang mampu mempercepat proses penyembuhan.