Batas Lamanya Seseorang Duduk Hanya 30 Menit. Jika Tidak, Otot, Sendi, dan Jaringan Tubuh Akan Rusak

By je, Jumat, 10 November 2017 | 08:15 WIB
Terlampau lama duduk mengakibatkan syaraf kejepit (Gazali Solahuddin)

nakita.id - Membiarkan tubuh dalam satu posisi untuk waktu yang lama akan menimbulkan masalah. Menurut ahli fisioterapi Scott Wilson, orang-orang yang memiliki masalah seperti tendinopati gluteal (yeri saat sendi bergerak, dan ada pembengkakan sendi), adductor tendinopathy (kerusakan serabut otot), dan trochanteric bursitis (kerusakan jaringan, peradangan pada sendi daerah panggul)dalah mereka yang terlampau lama duduk setiap harinya. Jadi, ketika kita sudah duduk selama 30 menit berurut-turut; lakukan gerakan-gerakan. Seluruh anggota badan baiknya bergerak. Karenanya, berdiri dan berjalan sambil menggerakan tangan dan kepala sangat disarankan.

Baca juga: Duduk Terlalu Lama Bisa Sebabkan Kematian. Ini Alasan Medisnya Tapi bagaimana jika tidak mempunyai kesempatan untuk melakukan gerakan tersebut dan lupa pula sudah duduk terlalu lama? Dr. Fielder menyarankan  melakukan hal berikut:

  1. Ubah posisi duduk. Jika memungkinkan ubah posisi duduk setiap jam, berganti posisi dari duduk ke posisi berdiri selama beberapa menit atau berjalan-jalan sebentar.
  2. Bila memungkinkan, gunakan tangga sebagai tempat melakukan stretching. Bisa juga parkirkan kendaraan lebih jauh, sehingga sepulang kantor bisa menggerakkan badan terlebih dahulu sambil berjalan menuju kendaraan.
  3. Saat jam istirahat, jalan-jalan keliling area kantor atau cari tempat makan agak jauh, supaya bisa berjalan 5--10 menit.
  4. Lakukan peregangan, mulai peregangan tangan, kaki, pundak, hingga pinggang dengan berbagai cara yang kita mampu melakukannya.