Daftar Makanan Sehat untuk Perkembangan Otak Janin.

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 15 November 2017 | 03:00 WIB
Susah makan saat hamil apakah berbahaya bagi janin? (Gisela Niken)

Nakita.id - Jnin tumbuh dan berkembang setiap harinya selama kurun waktu kehamilan sembilan bulan. Namun satu hal yang terpenting, yakni perkembangan otak janin.

Nah, agar perkembangan otak janin terjadi optimal, ibu hamil bisa mendukungnya dengan asupan makanan yang tepat. Jonny Bowden dan Allison Tannis, dalam bukunya, "The 100 Healthiest Foods to Eat During Pregnancy"  (Darling Book, London-2011) menuliskan, diet seimbang sangat penting selama kehamilan, namun beberapa makanan cenderung lebih banyak memberikan manfaat untuk perkembangan otak bayi. Apa saja?

Baca juga : Ibu, Ini Makanan Wajib Agar Kehamilan Sehat di Trimester Pertama

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak merupakan salah satu sumber makanan terbaik DHA, zat yang dibutuhkan otak bayi untuk dapat berkembang secara normal. Hal ini disebakan karena tubuh ibu tidak memproduksi DHA, maka satu-satunya cara mendapatkannya adalah dengan mengonsumsi ikan berlemak, seperti salmon atau ikan trout.

Bayi membutuhkan DHA untuk mendorong pembentukan sel otak dan jaringan otak dengan benar. DHA juga mendorong pola tidur bayi yang lebih lama setelah ibu melahirkan, serta mencegah depresi pascamelahirkan untuk perempuan.

2. Daging dan unggas

Seng sangat melimpah pada daging sapi tanpa lemak, daging babi serta ayam dan kalkun. Nutrisi penting ini juga bisa ditemukan pada makanan laut, seperti ikan, udang, kepiting dan lobster.

Roberta Larson Duyff dan American Dietetic Association mencatat dalam buku mereka, "American Dietetic Association Food and Nutrition Guide," bahwa kebutuhan seng ibu kian meningkat saat hamil, karena perkembangan otak bayi bergantung pada jumlah seng yang cukup untuk pembentukan sel dan jaringan tubuh.

Makan satu atau dua porsi daging tanpa lemak setiap hari untuk membantu ibu hamil mendapatkan banyak manfaat bagi janin.

Baca juga : 5 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

3. Sayuran berdaun hijau tua