Perempuan yang Rutin Mengonsumsi Vitamin Ini Bisa Meningkatkan Kesempatan Hamil Lebih Besar!

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 16 November 2017 | 02:30 WIB
Asupan Vitamin & Mineral Agar Cepat Hamil (Faras)

Nakita.id - Sebuah studi baru telah menemukan hubungan yang kuat antara vitamin D dan tingkat kelahiran hidup pada perempuan yang menjalani terapi infertilitas.

Penelitian tersebut menganalisa data dari 11 studi yang dipublikasikan, yang telah melibatkan 2700 perempuan yang menjalani IVF, injeksi sperma intracytoplasmic (ICSI) dan / atau transfer embrio beku beserta status vitamin D yang diperiksa melalui tes darah.

Hasilnya menunjukkan, kelahiran hidup sepertiga lebih mungkin terjadi pada perempuan yang memenuhi asupan jumlah vitamin D yang tepat bila dibandingkan dengan perempuan lain yang tidak.

Konsentrasi vitamin D lebih dari 75 nanomoles per liter (nmol / L) darah dianggap cukup, sementara konsentrasi kurang dari 75 nmol / L dianggap tidak mencukupi dan kurang dari 50 nmol / L dianggap kurang.

Bila dibandingkan dengan perempuan yang kekurangan vitamin D, perempuan yang cukup kadar vitamin D-nya atau sekitar 34% positif hamil.

Baca juga : Resep Cepat Hamil yang Unik tapi Perlu Dicoba

Para periset mengatakan, mekanisme yang mungkin dimainkan oleh vitamin D pada kehamilan bisa jadi karena hal itu memengaruhi keberhasilan implantasi embrio di dalam rahim atau merupakan indikasi kesejahteraan umum seorang perempuan.

Clinical Lecturer dan Specialist Registrar University of Birmingham’s Institute of Metabolism and Systems Research, Dr Justin Chu memperingatkan bahwa temuan tersebut tidak berarti bahwa suplemen vitamin D tentu bisa meningkatkan kesempatan perempuan untuk melahirkan bayi setelah terapi infertilitas.

Dr Chu menuturkan, "Meskipun sebuah asosiasi telah diidentifikasi, efek menguntungkan dari koreksi defisiensi vitamin D atau insufisiensi perlu diuji dengan melakukan uji klinis".

"Sementara itu, perempuan yang ingin mencapai kehamilan yang sukses sebaiknya tidak pergi ke apotek setempat untuk membeli suplemen vitamin D sampai kita tahu lebih banyak tentang dampaknya.”

Ada kemungkinan terjadinya risiko overdosis vitamin D dan hal ini bisa menyebabkan terlalu banyak kalsium yang terbentuk di dalam tubuh, yang bisa melemahkan tulang dan merusak jantung dan ginjal.

Baca juga : Sssst....Ternyata Ini Rahasianya Agar Cepat Hamil 

Pertanyaannya, apakah boleh minum pil vitamin D selama kehamilan? Sumber utama vitamin D untuk setiap orang adalah sinar matahari pagi. Selain itu ada juga makanan seperti ikan berminyak, daging merah, hati dan kuning telur, serta suplemen vitamin D.

"Pengujian untuk konsentrasi vitamin D relatif murah dan banyak tersedia dan pengobatannya tidak mahal. Bisa jadi pembetulan kekurangan vitamin D ini mampu memberi manfaat bagi perempuan yang menjalani perawatan reproduksi yang dibantu, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menguji ini", Dr. Chu menyimpulkan. (*)