Sembelit 3 bulan, Ususnya Bengkak dan Lidah Juga Bibirnya Jadi Aneh

By Gazali Solahuddin, Rabu, 20 Februari 2019 | 12:09 WIB
Seorang pria alami sembelit selama 3 bulan, ususnya bengkak dan bibir juga lidahnya jadi aneh (Lutfi Fauziah)

GridHEALTH.id - Seorang pria berusia 36 tahun di Sri Lanka mengaku mengalami sembelit selama 3 bulan terakhir.

Melansir dari laman Daily Mail, diperkirakan pria ini hanya buang air besar (BAB) selama 3 kali dalam seminggu, dan harus mengejan dengan hebat.

Tak hanya sembelit selama 3 bulan, pria ini juga terlihat mengalami perubahan pada lidah dan bibirnya.

Baca Juga : Setop! Bercanda Tarik Kursi Ternyata Bisa Bikin Lumpuh Selamanya!

Terpaksa pria ini segera mendatangi National Hospital of Sri Lanka dan Dr. Ashan Rabinath Fernando, seorang ahli bedah melakukan pemeriksaan X-Ray untuk melihat bagian dalam perut dan rongga dadanya.

Hal mengejutkan terjadi ketika pemeriksaan tersebut, sebagian besar ususnya membengkak dan dokter menyebut kondisi ini dengan sebutan megakolon.

Megakolon adalah pelebaran atau pembesaran abnormal pada usus besar (kolon), umumnya, kondisi ini disebabkan oleh masalah pada saraf-saraf di bagian usus besar.

Hasil dari pemeriksaan X-Ray menunjukkan usus buntunya membesar hingga 12 cm yang umumnya hanya berdiameter kurang dari 9 cm.

Baca Juga : Mirip Dengan Wasir, Ternyata Begini Gejala Kanker Usus yang Diderita Istri Ustad Maulana

Selain itu, dokter juga menyebutkan bahwa pria 36 tahun ini menglaami multiple endocrine neoplasia type 2B (MEN 2B).

Dilansir dari laman MSD Manualsmultiple endocrine neoplasia type 2B (MEN 2B) adalah penyakit genetik di mana satu atau lebih kelenjar endokrin terlalu aktif dan membentuk tumor (neoplasia).

Informasi dan foto lengkapnya kondisi pria ini klik health.grid.id media kesehatan kredibel dan bisa dipercaya, selalu mengambil dari sumber kredibel dan wawancara dengan pakar yang kompeten dibidangnya.