Cara Mengusir Tikus dari Rumah dengan Aman, Keluarga Terjamin Sehat

By Saeful Imam, Rabu, 20 Februari 2019 | 13:35 WIB
Lem tikus menjadi pilihan untuk mengusir tikus dengan aman di rumah. (Istock )

Nakita.id - Banyak cara mengusir tikus dari rumah, tapi tidak sedikit berakhir dengan kegagalan bahkan bahaya. Cara mengusir tikus dari rumah dengan aman tidak hanya harus efektif, tapi juga tidak membahayakan bagi seluruh anggota keluarga.

Untuk itu, cara mengusir tikus dari rumah dengan aman tanpa bahan kimia dan racun menjadi solusi agar keluarga terjamin sehat. 

Hanya saja, cara mengusir tikus dari rumah dengan aman tidak semudah membalikkan tangan. Berbagai cara mungkin sudah dicoba tapi berakhir sia-sia karena tikus tetap merajalela.

Tikus adalah hewan pengerat yang sangat menganggu. Binatang ini tidak hanya merusak perabotan rumah dan mengontaminasi makanan yang digigitnya, tapi juga menjadi sumber penularan beberapa penyakit berbahaya seperti pes, lepstospirosis, infeksi gigitan tikus, dan lain-lain. 

Kalaupun ada cara mengusir tikus, caranya tidak aman karena menggunakan racun dan bahan kimia berbahaya. Apalagi bila di rumah ada si kecil yang sewaktu-waktu dapat bersentuhan dengan racun itu. Apa jadinya juga bila tikus yang sudah memakan racun itu mengendus perabotan, mainan si kecil, atau bahan makanan di rumah, berbahaya bukan? Juga tikus yang diracun itu bisa mati di mana saja, termasuk di atap rumah, tempat penampungan air, saluran air, dan tempat lain yang sulit dijangkau sementara baunya sangat mengganggu.

Untuk itu, diperlukan cara mengusir tikus yang aman dari rumah dengan cepat alami, dan aman. Salah satunya dengan menjaga kebersihan rumah. Biasanya, sisa-sisa makanan di dapur atau di tempat lainnya dapat mengundang tikus masuk ke dalam rumah. Segera bersihkan dan buang sisa-sisa makanan ke tempat sampah. Jangan lupa, tempat sampah di depan rumah juga sebaiknya diberikan penutup agar tikus tidak masuk dan mengacak-acak sampah di dalamnya.

Simpan juga makanan atau bahan makanan segar yang ada di rumah ke dalam wadah tertutup, lalu masukkan ke dalam lemari atau kulkas.

Kenali juga cara tikus masuk ke dalam rumah. Tutup lubang serta celah, beri penutup pada saluran air dan area lain agar tidak ada jalan bagi tikus untuk masuk. Rapikan juga area rumah dari barang-barang yang menumpuk, khususnya di area gudang yang bisa dijadikan rumah untuk tikus.

Lem tikus menjadi pilihan untuk mengusir tikus dengan aman di rumah.

Meski sudah melakukan tindakan pencegahan di atas, tikus boleh jadi masih bisa masuk ke rumah. Ingat, tikus rumah bisa masuk ke lubang kecil berukuran 1,2 cm (lebih kecil dari ukuran koin Rp1000), sehingga ia masih bisa masuk lewat celah di jendela, pintu, atau melalui atap rumah. Binatang ini juga sangat cerdik dan dapat mengendus bahaya dan siasat sekitarnya. Tidak usah heran, banyak jebakan tikus yang tidak efektif karena hewan kecil ini sudah tahu bahayanya.Tikus juga punya beragam cara untuk masuk ke dalam rumah. Bila celah yang satu ditutup, ia akan mencari celah yang lain.

Untuk mengantisipasi hal ini, Moms perlu cara mengusir tikus dari rumah dengan aman, sehingga keluarga terjamin sehat, yaitu dengan menggunakan perangkap tikus. Salah satu perangkap tikus yang efektif yaitu menggunakan lem. Moms tinggal mengoleskan lem ini pada papan atau karton dengan cara melingkar, kemudian taruh makanan yang disukai tikus seperti ikan asin atau ayam goreng. Tikus pun akan terpancing masuk ke dalam perangkap dan terjebak dalam lem yang lengket. Semakin ia meronta, semakin sulit tubuhnya untuk lepas karena lem yang lengket akan menyebar ke tubuhnya.

Bila tidak mau repot, Moms dapat menggunakan papan yang sudah dilengkapi dengan lem. Praktis karena tidak perlu menyediakan papan atau karton. Tinggal masukkan umpan, perangkap tikus ini pun sudah siap bekerja.