Ciri-ciri Anak Memiliki Kecerdasan diri atau Kecerdasan IntraPersonal

By Saeful Imam, Jumat, 8 Maret 2019 | 08:36 WIB
Ternyata orangtua dapat mengenali ciri-ciri anak memiliki kecerdasan diri atau kecerdasan intrapersonal (freepik )

Nakita.id - Banyak Moms yang ingin anaknya Cerdas diri adalah kecerdasan intrapersonal yang harus dimiliki anak, sehingga mereka ingin tahu ciri-ciri anak memiliki kecerdasan diri atau kecerdasan intrapersonal. 

Ciri-ciri anak memiliki kecerdasan diri atau kecerdasan intrapersonal dapat dilihat dan diamati dari sikap dan perilaku anak. 

Bila orangtua jeli dan mengamatinya, ciri-ciri anak memiliki kecerdasan diri atau  kecerdasan intrapersonal dapat mudah diidentifikasi. 

Baca Juga : Moms Ingin Anak Cerdas? 4 Warna Ini dapat Tingkatkan Kecerdasannya

Apa sajakah ciri-cirinya, berikut di antaranya:  

* Anak cerdas diri mengenal emosi-emosinya seperti marah, kesal, takut, sedih, dan lainnya.

* Mampu membaca dan mengenali emosi orang lain (empati).* Anak cerdas diri juga mengetahui mengapa dia merasakan emosi-emosi tersebut (sebab-akibat) atau peka terhadap perasaannya sendiri.

* Tahu bagaimana berperilaku atau bersikap ketika menghadapi orang yg berbeda (berganti peran/mampu menyesuaikan diri dengan orang yang berbeda-beda).* Mampu mengontrol dan menyalurkan emosi-emosinya dengan baik. * Mampu mengenali sebab-akibat dalam emosi/perilaku orang lain. Ini cara anak cerdas diri lainnya.

Baca Juga : Meningkatkan Kecerdasan Anak, 9 Hal Ini Terbukti Secara Ilmiah Dapat Membantu* Tahu apa yang dia inginkan dan motivasi diri sendiri. * Dapat mengemukakan kepentingan dan hak-haknya tanpa merugikan orang lain (asertif).* Tahu hal-hal apa saja yang membuatnya merasakan emosi-emosi tersebut (punya kesadaran akan dunia internalnya). * Dapat bekerja sama dengan orang lain.* Mengetahui kelemahan dan kekuatan dirinya. * Mediator dalam konflik karena jiwa kepemimpinan yang dimilikinya.* Senang melakukan introspeksi diri, mengoreksi kekurangan dan kelemahan dirinya, serta selalu mencoba memperbaiki diri. * Mudah bergaul, fleksibel, dan tak pilih-pilih teman.

Baca Juga : Meningkatkan Kecerdasan Anak, 9 Hal Ini Terbukti Secara Ilmiah Dapat Membantu 

Stimulasi Agar Anak Memiliki Kecerdasan Diri atau Kecerdasan * Ajak bicara anak mengenai apa saja.

Beri kesempatan untuk mengungkapkan pendapat, perasaan maupun keinginan. Dengan mengetahui apa yang dirasakan dan apa yang diinginkan, berarti ia mengenal dirinya secara baik.* Meski kemampuan bahasanya sudah berkembang tapi sebaiknya bantu anak mengungkapkan perasaannya. Umpama, "Kok Adek cemberut, apa Adek marah?" Atau "Kok Adek sedih, apa kehilangan sesuatu?"* Selalu beri pilihan padanya sebelum mengambil keputusan.