5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Membersihkan Paru-paru yang Kotor Secara Alami

By Poetri Hanzani, Sabtu, 16 Maret 2019 | 10:12 WIB
Bawang putih salah satu makanan yang bisa membersihkan paru-paru secara alami (pixabay.com/stevepb )

Nakita.id - Paru-paru adalah organ vital dan organ tubuh yang seringkali diabaikan, padahal melalui paru-paru kita bernafas.

Paru-paru juga mengisap elemen berbahaya dari udara di sekitar kita, sehingga paru-paru dapat terpapar polutan berbahaya dan mikroba yang terdeposit dari udara yang kita hirup.

Terutama bagi perokok berat, atau orang yang tinggal di daerah yang tercemar.

Bagi orang yang merokok, paru-paru mereka yang sehat bisa berubah menjadi hitam dengan pengendapan tar di paru-paru.

Baca Juga : Inilah yang Terjadi Pada Paru-paru Bila Menghirup Udara Kotor

Maka dari itu, penting melakukan detoksifikasi paru-paru secara teratur untuk membantu kelancaran fungsi paru-paru dan membantu mengeluarkan racun. 

Melansir laman ndtv, pemilihan makanan yang sehat juga dapat membersihkan paru-paru, sehingga risiko penyakit paru-paru dan masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, radang paru-paru serta fibrosis kistik bisa berkurang.

1. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa aktif yang bersifat tidak stabil yang bernama allicin, dan efektif membunuh mikroba, seperti kuman-kuman penyebab infeksi.

Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat anti inflamasi yang berguna membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan.

Tidak hanya itu, bawang putih bahkan dikenal sebagai obat untuk mengatasi penyakit asma dan membantu mengurangi risiko kanker paru-paru.