Tak Disadari, Ternyata Kopi Berdampak Buruk Bagi Kulit Berjerawat

By Ratnaningtyas Winahyu, Jumat, 22 Maret 2019 | 15:41 WIB
Kopi dapat memperburuk keadaan jerawat (pixabay.com/kaboompics )

Nakita.id – Salah satu tantangan terberat mengurus anak, terutama ketika masih kecil adalah siap terbangun tengah malam.

Waktu tidur menjadi berantakan, bahkan seringkali Moms sampai tidak ada waktu untuk mengurus diri sendiri sekadar untuk mandi.

Apakah Moms pernah mengalaminya?

Ketika harus siap siaga menahan kantuk, salah satu cara yang dapat diandalkan adalah dengan meminum kopi.   

Saking seringnya meminum kopi, mungkin kebiasaan tersebut masih dilakukan hingga anak beranjak besar.

Baca Juga : Resmi Tunangan, Siti Badriah & Calon Suami Urungkan Niat Menikah di Tempat Impian: 'Halunya Aku Sama Dia Tuh Sama'

Tapi, tahukah Moms bahwa di balik manfaatnya, ternyata kopi juga memiliki dampak buruk, khususnya jika di kulit Moms sedang ada jerawat.

Melansir dari laman stylecraze.com, kopi dikatakan tidak menyebabkan jerawat, melainkan memperburuk keadaan jerawat. Mengapa? Dan bagaimana?

Kopi adalah bunga rampai super kompleks dari ratusan senyawa kimia. Semua bahan kimia ini memiliki kemampuan meningkatkan suasana hati yang luar biasa.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam kopi antara lain mengandung senyawa fenolik makanan, asam klorogenik, quinides, trigonelline, dan tentu saja kafein.

Kafein lah yang membuat kelenjar adrenalin di dalam tubuh bereaksi secara berlebihan, yang dapat meningkatkan produksi kortisol dan hormon stres.

Tingkat stres inilah yang kemudian meningkat dan memperburuk jerawat.

Baca Juga : Masih Sering Dikonsumsi, Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Ambeien atau Wasir Lho