Resep dan Bahan MPASI 12 Bulan Praktis, Telur Orak-Arik Bayam yang Enak dan Buat Bayi Cerdas

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Selasa, 9 April 2019 | 08:02 WIB
MResep dan bahan MPASI 12 bulan praktis: Telur orak-arik bayam (happy family organics)

Nakita.id - Di usianya yang sudha menginjak 12 bulan, Si Kecil sudah mulai mengenal tekstur makanan sehingga Moms pasti membutukna variasi resep dan bahan MPASI 12 bulan praktis.

Berbagai resep dan bahan MPASI 12 bulan praktis pasti membantu Moms dalam memudahkan mencari bahan makanan untuk Si Kecil.

Selain bisa dijadikan opsi mengganti menu yang biasa dipakai, resep dan bahan MPASI 12 bulan praktis juga jadi pilihan agar Si Kecil mengenal makanan dengan tekstur dan rasa yang baru.

Lalu apa saja yang dibutuhkan Si Kecil di usianya yang sudah menginjak 12 bulan?

Bayi 12 bulan sudah mulai mengenal banyak makanan padat, dan ia tidak akan terlalu menggantungkan makanan utamanya baik ASI maupun susu formula.

Ia sudah memiliki kebutuhan yang cukup besar akan lemak, yang mencakup DHA, protein, zat besi, kalsium, kolin, dan kandungan lain yang mendukung perkembangannya.

Melansir dari Happy Family Organics, American Academy of Pediatrics menyarankan bayi di usia 12 bulan, hanya membutuhkan 16-20 ons ASI setiap harinya.

Sehingga Moms harus mulai menyiapkan makanan pendamping yang sesuai dengan kebutuhan bayi.

Vitamin dan mineral menjadi kunci utama pertumbuhan bayi di usia 12 bulan.

Berikut vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam resep dan bahan MPASI 12 bulan praktis!

  1. Protein: Protein penting bagi bayi usia 12 bulan untuk membantu pertumbuhan kulit, rambut, kuku, otot, darah, dan tulang.
  2. DHA: Salah satu jenis DHA yakni lemak omega-3 yang penting bagi otak.
  3. Kalsium: Kandungan kalsium dipercaya sangat baik untuk kesehatan tulang, gigi, pembekuan darah, neuron, hormon, hingga kontraksi otot lainnya.
  4. Zat besi: Sementara itu, zat besi penting bagi pencegahan anemia defisiensi besi yang juga mampu memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil pada sel darah merahnya.
  5. Kolin: Kolin penting untuk membantu fungsi sel dan mendukung kesehatan otak
  6. FolatDan folat merupakan nutrisi penting di masa kanak-kanak, mulai dari untuk pertumbuhan hingga meningkatkan kecerdasan.

Makanan yang kaya akan folat di antaranya buah, sayur, kacang, makanan laut, telur, dan biji-bijian.

Umumnya, sayur yang mengandung banyak folat antara lain bayam, ragi, asparagus, dan brussel.