Wanita Jangan Takut Latihan Beban, Bisa Turunkan Risiko Kanker Usus

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 16 April 2019 | 10:21 WIB
Wanita dianjurkan melakukan latihan beban yang punya banyak keuntungan. (Mother Nature Network)

nakita.id - Latihan beban atau angkat beban (weight lifting) adalah istilah umum jenis pelatihan daya tahan yang digunakan untuk menggambarkan metode pengangkatan beban berat.

Baca Juga : Ingin Cepat Dapat Membentuk Otot Secara Instan? Yuk Coba 5 Gerakan Ini

Banyak wanita masih ragu akan manfaat dari latihan beban. Hal tersebut didasari oleh mitos bahwa wanita yang mengikuti latihan angkat berat akan memiliki otot-otot besar seperti pria.

Tetapi ahli medis mengatakan, peningkatan otot pada wanita malah  akan menonjolkan penampilan feminin mereka. Sebabnya, wanita tidak akan memiliki otot seperti pria.

Dengan kata lain, wanita tidak akan menjadi maskulin jika mereka melakukan latihan beban karena wanita tidak memiliki hormon yang dapat membentuk otot-otot seperti yang ada pada pria, kecuali jika wanita tersebut diberi penguat hormon seperti steroid anabolik.

Sebaliknya, mengangkat beban sebagai olahraga merupakan salah satu hal yang memiliki dampak positif bagi tubuh.

Baca Juga : Terungkap, Otak Mutilasi Guru Honorer Hingga Fakta 4 Kali Korban Berhubungan Intim dengan Pelaku dan Dibayar

Hal ini bisa membantu memperkuat tulang, meningkatkan pengendalian gula darah, mencegah penyakit jantung,  memerangi osteoporosis, serta membantu mengendalikan lemak di perut.