Hari Imunisasi Dunia, 12% Anak Indonesia Belum Imunisasi Lengkap!

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 24 April 2019 | 12:51 WIB
Imunisasi dasar yang lengkap seyogyanya sudah diberlakukan pada usia 11 atau 12 bulan. (Bayu Dwi Mardana)

nakita.id - Indonesia masih menghadapi tantangan memperluas cakupan imunisasi dasar. Sebagaimana tertuang dalam data World Health Organization pada tahun 2018, hanya ada sekitar 20 juta anak yang baru mendapatkan imunisasi dasar lengkap.

Baca Juga : Moms Punya Bayi Baru Lahir Seperti Momo Geisha? Ini Urutan Imunisasi yang Tepat

Kondisi serupa juga terjadi di Indonesia. Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kesehatan RI, dr. Anung Sugihantono, M.Kes, cakupan imunisasi dasar lengkap Indonesia pada tahun 2018 baru mencapai 87,8%. Artinya masih ada 12% Indonesia belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap.

"Nah karena imunisasi dasar lengkap itu dasarnya hingga anak usia 11 atau 12 bulan. Jadi masih ada sekitar 400 ribu yg belum diimunisasi pada tahun 2018," ungkap Anung saat Peringatan Hari Imunisasi Sedunia, di Kementerian Kesehatan, Selasa, 23 April 2019 seperti dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, Anung mengatakan, masih ada sekitar 1% anak Indonesia yang belum mendapatkan imunisasi sama sekali, dan jumlah itu merata di hampir seluruh Indonesia.

Baca Juga : Dituding Hasil Hubungan Gelap Sang Ibu dengan Almarhum Adi Firansyah, Begini Jawaban Kontras Mayangsari dan Khirani

"Tapi proporsi di Indonesia Timur dan berkaitan dengan Imunisasi MR kemarin seperti Aceh dan Sumatera Barat termasuk yang imunisasi dasar lengkapnya masih belum menggembirakan," katanya.