BMKG Peringatkan Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Berpotensi di Wilayah Ini: 'Peringatan Keras untuk Aktivitas Kelautan'

By Riska Yulyana Damayanti, Sabtu, 27 April 2019 | 14:42 WIB
Ilustrasi hujan (Pixabay.com/ marmax)

Nakita.id - Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau di Indonesia akan terjadi pada Bulan April.

Namun musim kemarau di beberapa wilayah mulai terjadi pada Bulan Mei.

"Kita sudah menyatakan bahwa potensi musim kemarau tahun 2019 ini akan dimulai di bulan April, walaupun sebagian wilayah yang lain akan mulai pada bulan Mei," ujar Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim, Indra Gustari dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga : Berikan yang Terbaik, Bahan Alami Harus Jadi Pilihan Utama Agar Bayi Terlindungi

Meskipun ada daerah yang diprediksi mengalami musim kemarau lebih awal, masih ada daerah yang diprediksi akan mengalami hujan lebat hingga muncul petir, seperti daerah Kepulauan Riau.

BMKG menyebutkan daerah Kepulauan Riau akan berpotensi hujan lebat sejak 26 April 2019 hingga tiga hari selanjutnya.

Tak hanya berpotensi alami hujan lebat, menurut petugas BMKG, Kepulauan Riau juga akan diwarnai dengan petir hingga angin kencang.

Baca Juga : Aurel Jadi Penjual Jamu, Tukang Parkir: 'Penjual Jamu Kok Pakai Bulu Mata Palsu'

Petugas BMKG Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim, Batam Noah D Ginting mengatakan bahwa penyebab Kepulauan Riau berpotensi terjadi hujan lebat hingga angin kencang karena ada penumpukan massa udara di wilayah Kepulauan Riau akibat adanya kumpulan angin.