Ternyata, ini Penyebab Bayi Lahir Dengan Berat Badan Lahir Rendah!

By Saeful Imam, Selasa, 30 April 2019 | 20:52 WIB
Bayi dengan berat badan lahir rendah (Pixa Bay)

Nakita.id - Ketika bayi Ibu lahir pada usia kehamilan 37-42 minggu namun berat badannya di bawah rata-rata berat badan normal bayi baru lahir, biasanya dokter akanmenyebutnya memiliki berat badan lahir rendah (BBLR). Biasanya, bayi BBLR terlihat lebih kecil dan kepalanya terlihat lebih besar daripada tubuhnya.

Baca Juga : RIset : Ibu yang Melahirkan Prematur Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Ada banyak penyebab bayi lahir dengan berat badan rendah. Menurut data dari Lucile Packard Children's Hospital, Stanford University, sekitar 8% bayi yang lahir di Amerika Serikat memiliki berat badan lahir rendah dan jumlah ini terus meningkat. Apa saja faktor yang bisa mempengaruhi kondisi ini?

1. Bayi lahir prematurBayi baru lahir disebut prematur jika lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu. Biasanya, bayi akan mengalami pertambahan berat badan lebih banyak menjelang akhir kehamilan. Jika dilahirkan lebih cepat, sebenarnya ia belum mengalami pertumbuhan yang cukup selama di perut Ibu.

2. Bayi mengalami gangguan perkembangan dalam janinGangguan perkembangan yang selama di rahim menyebabkan bayi dilahirkan dengan ukuran kecil untuk usia kehamilan Ibu (atau sekitar 10% di bawah rata-rata beratbadan untuk usia kehamilan Ibu). Jika bayi lahir sesuai perkiraan tetapi masih memiliki berat badan lahir yang rendah, ini bisa dikarenakan faktor genetik maupun gaya hidup Ibu selama hamil.

Baca Juga : Penting! Ibu Hamil ini Ketubannya Pecah di Usia 22 Minggu, tapi Terselamatkan karena Banyak Minum Air!

Ada dua penyebab gangguan perkembangan dalam rahim. Pertama, akibat Ibu mengalami tekanan darah tinggi atau malnutrisi selama hamil. Kedua, karena Ibu mengalami infeksi dalam rahim, gangguan kromosom, serta faktor gaya hidup seperti kebiasaan minum alkohol.

3. Hamil kembarJika Ibu hamil lebih dari satu bayi, baik kembar dua maupun tiga, biasanya berat badan setiap bayi akan kurang dari 2,5 kg. Ini dikarenakan bayi-bayi bersaing untuk mendapatkan nutrisi dan dalam pertumbuhannya akan saling berdesakan di dalam rahim Ibu. Hasilnya, berat badan lahirnya pun tidak sama dengan bayi bukan kembar.

4. Gangguan plasentaGangguan seperti plasenta previa atau preeklampsia dapat mempengaruhi aliran darah dan nutrisi ke janin, sehingga bisa membuat bayi lahir dengan berat badanrendah.

Baca Juga : Minuman Biji Chia Ternyata Kaya Akan Energi, Cocok Dikonsumsi Saat Sahur!

5. Kelainan pada rahimFibroid atau malfungsi pada rahim akan mempengaruhi perkembangan bayi di dalamnya. Sementara kelainan di area leher rahim bisa merangsang persalinan prematur, yang membuat bayi lahir dengan berat badan rendah.

6. Diabetes  kehamilanDiabetes kehamilan banyak dikaitkan dengan bayi berukuran besar. Tapi, jangan lupa bahwa diabetes juga bisa membuat Ibu melahirkan prematur, sehingga pada beberapa kasus bisa membuat bayi lahir dengan berat badan rendah. Gangguan ini biasanya dikaitkan dengan bayi berukuran besar. Tapi, diabetes bisa membuat Ibu melahirkan prematur, sehingga pada beberapa kasus akan berpengaruh terhadap berat badan bayi.