Ibu Hamil Sering Sakit Gigi! Ternyata ini Sebabnya ya Moms

By Saeful Imam, Sabtu, 4 Mei 2019 | 20:18 WIB
Sakit gigi saat hamil (istock)

Nakita.id - Saat hamil, Mama akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya.

Selain perubahan bentuk tubuh yang kian membesar, pusing dan muntah-muntah, Mama hamil terkadang juga mengalami sakit gigi.

Lalu apa sih penyebab sakit gigi saat hamil?Sakit gigi saat kehamilan beraneka ragam, mulai dari penyakit di gusi hingga gigi berlubang. Sakit gigi saat hamil juga dapat memengaruhi kondisi bayi di dalam kandungan, seperti kelahiran prematur serta berat badan bayi yang rendah.

Baca Juga : Cukup Pijat Titik ini! Sakit Kepala pun Hilang Seketika!Saat hamil Mama akan mengalami perubahan hormon, nah perubahan tersebut dapat meningkatkan munculnya peradangan di gusi (gingivitis) yang dapat menyebabkan gusi menjadi membengkak dan terkadang berdarah saat Mama menyikat gigi.Penyakit lain yang dapat muncul saat kehamilan adalah penyakit periodontal yaitu penyakit pada jaringan pendukung gigi.

Kondisi ini muncul akibat gingivitis yang tak ditangani dengan baik.Kondisi lain terkait gusi pada kehamilan adalah timbulnya benjolan di gusi yang dinamakan epulis gravidarum atau tumor kehamilan.

Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan bahkan kesulitan saat berbicara atau makan.

Baca Juga : Syukuran 4 Bulan Hamil, Tetangga Kartika Putri Dibuat Kecewa Karena Hal IniSelama perubahan hormon, sistem kekebalan tubuh juga terganggu hingga kurang dapat melindungi tubuh dari bakteri yang menyebabkan penyakit gigi dan gusi.

Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan agar rajin menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari, menggunakan dental flossing (benang gigi) minimal sekali sehari, dan berkumur dengan cairan kumur antimikroba.

Pada masa kehamilan, ada beberapa perbuahan dalam rongga mulut yang terjadi, seperti peradangan gusi, granuloma pada gusi, erosi email gigi, produksi air liur berlebihan, mulut kering dan gigi goyang.

Kondisi itulah yang mengharuskan Ibu hamil tetap menjaga kesehatan gigi dan mulutnya.Namun tak semua perawatan gigi boleh dilakukan oleh Ibu hamil, salah satunya adalah pembiusan lokal.

Baca Juga : Usir Sakit Kepala dengan Cepat dengan Bahan Herbal ini Moms!

Jika pun memang harus dilakukan sebaiknya pada trimester kedua kehamilan.

Selain itu, pemeriksaan gigi lainnya seperti pencabutan gigi, insisi dan drainase, serta perawatan saluran akar yang memerlukan pembiusan lokal, harus mendapatkan persetujuan lebih dahulu dari dokter spesialis kandungan yang sedang merawat kehamilan pasien tersebut.