Anak Anji Didiagonis Sandang Autisme, Ternyata Kebiasaan Konsumsi ini Saat Hamil Berisiko Memicu Lahirkan Anak Autis 53%

By Saeful Imam, Sabtu, 11 Mei 2019 | 13:00 WIB
Hamil bugar. (Pixa Bay)

Nakita.id - Saat ini sedang ramai diberitakan anak selebriti sekaligus pemusik dan pencipta lagu Enji, menyandang autisme.

Pria bernama lengkap Erdian Aji Prihartanto itu merasa sedih setelah mendengar vonis tersebut. 

Ya, anak bungsunya yang merupakan buah perkawinan dengan Wina Natalia, Sigra divonis menderita Autism Spectrum Disorder (ASD).

Sigra divonis ASD saat Anji sedang berada di luar kota.

"Saat itu saya sedang dbekerja di luar kota. Saya lalu memandangi koleksi foto dan video @sigraumarnarada yang ada di ponsel," tulis Anji di keterangan akun Instagram-nya.

Sejatinya, ada banyak penyebab autisme.

Baca Juga : Menu Buka Puasa Tak Sehat: Bukan Es Teh atau Es Sirup! Minuman Ini yang Justru Menimbulkan Efek Pada Tubuh

Mulai riwayat keturunan, polusi, makanan, dan masih banyak lagi. 

Hanya saja, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, cucu-cucu perempuan dari nenek yang merokok saat mengandung orangtuanya dulu lebih rentan memiliki gejala autisme.

Risiko mengalami gangguan spektrum autisme (ASD) ini 53 persen lebih tinggi daripada cucu-cucu perempuan dari nenek yang bukan perokok, demikian menurut penelitian.

Anak-anak perempuan itu pun punya  kecenderungan lebih tinggi sebanyak 67 persen untuk menampilkan keterampilan sosial yang buruk dan perilaku yang berulang-ulang.

Rupanya, paparan rokok di dalam rahim menyebabkan perubahan pada kondisi sel telur perempuan yang kemudian memengaruhi perkembangan anak-anak hingga cucunya di masa depan.