Ini Menu Berbuka Paling Sehat Menurut Para Ahli!

By Saeful Imam, Kamis, 16 Mei 2019 | 11:46 WIB
Ini menu berbuka sehat saat berbuka puasa. ()

Nakita.id – Puasa itu sehat dan menyehatkan. 

Agar manfaat puasa lebih banyak didapat, barengi dengan menu berbuka yang sehat dan menyehatkan. 

Pilih menu berbuka yang tidak merusak tubuh dan tidak menaikkan berat badan.

Sebelum memilih menu berbuka puasa yang sehat dan tidak bikin gemuk, Ibu perlu memahami apa yang terjadi pada tubuh selama puasa.

Menurut dr. Razeen Mahroof, seorang konsultan gizi dari Oxford, tubuh ternyata tidak mencapai tahap kelaparan selama bulan puasa.

“Selama kurang lebih 8 jam, usus baru selesai menyerap nutrisi dari makanan. Energi selama puasa didapatkan dari glukosa yang disimpan di otot. Setelah glukosa habis, barulah lemak yang terbakar,” ujar dr. Razeen. Apalagi menurutnya, setiap hari kita membatalkan puasa sehingga tubuh tidak sampai dalam kondisi kehabisan energi.

Baca Juga: Jangan Lakukan ini Saat Ajarkan Anak Puasa ya Moms!

Kondisi ini juga membuat Ibu perlu memilih menu buka puasa yang sehat. Menurutnya, jika tidak dijaga, makanan yang dikonsumsi baik saat buka puasa maupun sahur dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Menu yang direkomendasikan tentu seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak. Minum air putih juga penting. Puasa bukan berarti mengurangi jumlah asupan  air dalam sehari. Jumlah cairan yang masuk harus sama, hanya saja waktu minumnya yang berbeda.

Baca Juga: Lakukan #5MenitAja Saat Puasa, Dijamin Dapatkan Tubuh Langsing Saat Lebaran! Mau Coba?

Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi penting agar pencernaan tetap sehat dan membantu Ibu merasa kenyang lebih lama. Ibu bisa memperbanyak asupan buah dan sayur serta mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, oatmeal, dan kentang.

Hindari minuman berkafein seperti teh, kopi, dan soda. Kafein akan merangsang tubuh kehilangan air lebih cepat lewat buang air kecil yang lebih sering.