Tips Sehat Ibu Hamil Saat Berpuasa, Jangan Berbuka dengan Gorengan

By Soesanti Harini Hartono, Minggu, 19 Mei 2019 | 15:56 WIB
Walau enak banget, ibu hamil harus hindari gorengan saat buka puasa. (Sajian Sedap)

nakita.id - Masih banyak yang menanyakan, bagaimana dengan ibu hamil? Apakah dengan berpuasa juga berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan janinnya? Sama saja, kecuali kondisi sang ibu fit dan sehat.

Baca Juga: Tajir Melintir dan Punya Rumah Mewah, Istri Hengky Kurniawan Justru Buat Menu Berbuka Puasa yang Tak Biasa

Namun, untuk ibu hamil yang berpuasa tetap harus menjaga kehamilannya dengan perlakuan khusus selama berpuasa. Mulai dari makanan dan minuman yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur hingga kegiatan yang dilakukan selama berpuasa.Ada kiat-kiat khusus untuk tetap fit saat berpuasa meski ibu dalam kondisi hamil. Tapi sebelumnya kita juga perlu tahu bahwa berat bayi saat lahir tidak dipengaruhi dari kondisi berpuasa atau tidaknya sang ibu. IQ bayi juga tidak dipengaruhi hal tersebut. Lalu bagaiman tips sehat ibu hamil saat berpuasa?Ketika sahur ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga kehamilan selama berpuasa. Mulai makanan yang harus dikonsumsi saat sahur. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks, protein tinggi, serat tinggi, dan air putih.

Ibu hamil juga disarankan untuk minum susu saat sahur. Nutrisi tersebut akan cukup menjadi stock selama menjalankan ibadah puasa, karena mampu mencegah dehidrasi dan bisa kenyang lebih lama.