Jarak Bukan Lagi Masalah, Watch Phone Jadi Solusi Cerdas Perekat Komunikasi Moms dengan Si Kecil

By Ratnaningtyas Winahyu, Rabu, 31 Juli 2019 | 12:09 WIB
Watch Phone Jadi Solusi Cerdas Perekat Komunikasi Moms dengan Si Kecil (freepik.com/prostooleh)

Nakita.id – Komunikasi merupakan kunci untuk menciptakan hubungan yang kuat antara orangtua dan anak.

Tak heran bila para ahli menyarankan orangtua untuk membangun komunikasi sedari dini.

“Komunikasi antara orangtua dan anak perlu dijalin sejak anak masih usia dini bahkan sedari anak masih dalam kandungan. Dengan komunikasi yang baik dan hangat, perlahan-lahan kelekatan emosi antara anak dan orangtua pun akan muncul.

Hal tersebut adalah sesuatu yang penting dan mendasar untuk perkembangan anak ke depannya,” ujar Psikolog Anak dan Remaja, Gisella Tani Pratiwi, M.Psi.

Sayangnya, tidak semua orangtua mampu menjalin komunikasi yang baik, apalagi jika orangtua memiliki rutinitas pekerjaan yang padat setiap harinya.

Jika dibiarkan terus menerus, tak menutup kemungkinan hubungan orangtua dan anak akan menjadi renggang, bahkan bisa berdampak buruk pada psikis anak.

Baca Juga: Jadi Orangtua Harus Pintar Mengerti Panduan Pengasuhan, Begini Caranya Moms!

Tak heran bila saat ini, banyak orangtua yang memilih untuk memfasilitasi anaknya dengan watch phone guna mempermudah komunikasi.

“Ketika anak mulai beranjak besar dan memiliki banyak aktivitas, misalnya masuk ke sekolah atau anak harus pergi ke penitipan anak, sementara orangtua harus bekerja, tentu orangtua tetap harus memelihara komunikasi ini. Orangtua bisa memanfaatkan kemajuan teknologi seperti watch phone untuk berkomunikasi dengan Si Kecil,” jelas Gisella.

Kendati demikian, Gisella mengimbau orangtua untuk tetap menjaga interaksi secara langsung dengan anak.

“Ketika orangtua memberikan gadget atau watch phone pada anak, hal yang tidak boleh dilupakan adalah soal penggunaannya. Orangtua perlu mengelola penggunaannya agar tetap sesuai dengan pakem-pakem pola asuh yang tepat.

Misalnya orangtua harus tetap menjaga interaksi yang hangat dan personal secara langsung, sehingga anak tetap dekat dengan orangtua sekaligus melatih kemampuan Si Kecil dalam bersosialiasi,” ujar Gisella.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Buruk ini Bisa Memengaruhi Kesehatan Si Kecil lho Moms, Hindari Sekarang Juga!