Dianggap Normal, Ternyata Melahirkan di Usia Kandungan 37 Minggu Berisiko Alami Kematian Lebih Besar

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Selasa, 6 Agustus 2019 | 13:06 WIB
melahirkan di usia kandungan 37 minggu (Freepik.com/ sri_sakorn42)

Nakita.id - Banyak ibu hamil yang menganggap melahirkan di usia kandungan 37 minggu hingga 40 minggu adalah usia normal persalinan.

Mengutip dari Nakita.id, melahirkan di usia kandungan 37 minggu hingga 40 minggu merupakan cukup bulan untuk janin dilahirkan.

Karena memang biasanya, sebelum melahirkan di usia kandungan 37 minggu hingga 40 minggu, Moms sudah membentuk rangsangan-rangsangan dan kontraksi jelang persalinan.

Baca Juga: Melahirkan di Usia Lebih dari 30 Tahun Berisiko Idap Kanker Payudara

Tapi siapa sangka, melahirkan di usia kandungan 37 minggu berisiko lebih besar dibandingkan melahirkan di usia 38--40 minggu, meski hanya berjarak satu minggu lho, Moms.

Mengutip dari Kompas.com, Alan Fleischman, seorang direktur medis dan peneliti mengatakan bila mempercepat persalinan merupakan tindakan yang salah.

Baca Juga: Gerai Ayam Gepreknya Tutup Usai Kebakaran dan Berbagai Teror, Ruben Onsu Banjir Komentar

"Selama ini kita mengira di usia 37-41 minggu bayi sama kondisinya, ternyata berbeda. Kehamilan adalah sebuah proses kesatuan, karena itu mempercepat persalinan tanpa alasan medis yang kuat adalah kesalahan," kata Alan Fleischman.

Dalam penelitian yang ia pimpin di Nationali Institute of Health, the March of Dimes dan U.S Food and Drug Administration menganalisis angka harapan hidup para bayi yang lahir pada minggu ke-37 hingga 40 minggu.