Bayi Terjatuh, Waspada Bahaya Lain Selain Benturan di Kepala

By David Togatorop, Minggu, 11 Agustus 2019 | 08:59 WIB
Ilustrasi bayi tidur (Freepik)

Nakita.id - Moms, tentunya kecelakaan bisa terjadi pada siapa pu.

Bahkan bisa terjadi termasuk pada bayi.

Perlu diigat bahwa Apada masa bayi adalah masa rawan terjadi kecelakaan. Jangankan saat ia terbangun, saat tidur saja, sewaktu kita lengah sedikit, ia bisa terjatuh dari tempat tidur.

Umumnya sewaktu bayi terjatuh, yang paling kita khawatirkan bagian kepala saja. Itu enggak salah. Namun, mohon perhatikan juga semua anggota tubuhnya, mungkin saja ada yang mengalami benturan hebat.

Baca Juga: Si Kecil Belum Bisa Membaca? Jangan Panik, Perhatikan Hal Berikut Ini Moms

Yang perlu diketahui, sebetulnya tulang kepala bayi masih lembek. Sambungan antartulang tengkorak masih elastis, ubun-ubun pun belum menutup secara menyeluruh.

Dengan demikian, benturan kepala yang ringan relatif tak berdampak fatal atau tidak mencederai otak. Singkatnya, struktur kepala bayi relatif lebih aman terhadap trauma kepala.Berikut langkah-langkah yang perlu Moms lakukan untuk mengetahui kondisi bayi yang terjatuh:

Baca Juga: Ini Sederet Langkah Mengajarkan Anak Bersikap Baik dan Sopan Santun, Simak Moms!

1. Apakah bayi dalam kondisi sadar, menangis, serta menggerakkan anggota tubuhnya? Bila ia sadar, menangis, dan mampu menggerakkan anggota tubuh (termasuk kepala/leher) dengan cukup leluasa, upayakan untuk menenangkannya dengan cara digendong. Biasanya setelah ditimang bayi akan merasa lebih tenang.

Sebaliknya bila bayi terjatuh diam dan tampak dalam posisi yang tidak wajar, segera panggil bantuan. Jangan menggerakkan posisi bayi terlalu banyak. Pastikan lingkungan aman, tidak ada benda-benda di sekitarnya yang dapat jatuh dan menimpa bayi.

2. Jika usai terjatuh bayi tak bergerak (tidak sadarkan diri) atau ia muntah disertai atau tanpa kejang, segera bawa ke rumah sakit atau dokter terdekat. Kondisi emergensi ini perlu segera mendapat penanganan yang tepat.

Baca Juga: Tak Perlu Perawatan Mahal, Kulit Wajah Kusam Bisa Cerah dalam Waktu #5MenitAja dengan Masker Ini