Murid Manja

By Ipoel , Selasa, 16 April 2013 | 07:00 WIB

Ibu Mayke, saya guru kelas 1 SD, memiliki murid yang sangat manja dan sulit konsentrasi di dalam kelas. Pada saat mengikuti pelajaran ia tidak bisa duduk diam, ia akan melakukan sesuatu untuk menarik perhatian guru, entah naik di atas kursi, mengangkat kaki ke atas meja dan dia akan melakukan apa saja untuk menarik perhatian saya. Bila ia ingin sesuatu harus dituruti, bila tidak dituruti ia akan menangis di dalam kelas. Masalah sering kali timbul bila saya memberikan perhatian pada anak ini di dalam kelas, teman-temannya yang lain akan mencoba menarik perhatian saya dengan melakukan hal-hal yang dilakukan oleh anak ini dan akhirnya kelas menjadi rusuh. Bagaimana ya Bu sebaiknya menghadapi anak yang manja seperti ini? Terima kasih atas bantuannya.Imelda - Jakarta

Jawab:

Bu Imelda, berapa jumlah murid di kelas Anda? Mudah-mudahan tidak terlalu banyak, sehingga lebih mudah untuk memantau perilaku mereka. Di kelas, anak ini meminta perhatian yang lebih dari Anda dengan cara menaiki meja dan sebagainya. Bisakah Anda bereksperimen, ketika dia naik ke kursi, mengangkat kaki ke atas meja, Anda tidak menegurnya dengan pernyataan lisan? Biarkan dia naiki meja dan lihat sampai seberapa jauh dia menunjukkan ulah yang lain?

Sementara itu anak-anak yang lain diberi kesibukan dan jangan sampai memberikan perhatian apa pun pada ulah anak tersebut. Tujuannya adalah menghentikan perhatian yang bisa dia dapatkan dari guru maupun teman-temannya. Perhatian menjadi penguat terhadap bertahannya perilaku naik ke meja, mengangkat kaki ke atas meja, dan seterusnya. 

Cara lain adalah membawa anak itu ke dekat Anda dan menyuruhnya melakukan tugas, sehingga lebih mudah diawasi. Kalau anak ini memaksakan kehendak, tidak usah diikuti walaupun akhirnya dia akan menangis, sebab menangis menjadi senjata untuk memperoleh kehendak dan perhatian dari orang lain. Sekian dan mudah-mudahan solusi ini bisa membantu Anda. Salam.