Toilet Learning

By Ipoel , Senin, 15 April 2013 | 07:00 WIB

Ibu Mayke yang baik, anak perempuan saya berusia 2,5 tahun. Sejak bayi hingga berusia 1 tahun, selama 24 jam saya memakaikan dia diaper. Dalam sehari saya menggantinya sebanyak 4-5 kali. Lalu, pada usia 1 tahun hingga 1;6 tahun, di siang hari saya mulai menerapkan toilet learning dan hanya memakaikan diaper di malam hari dan saat bepergian saja. Pada saat jam BAB dan BAK saya mengajaknya ke toilet. Hasilnya, anak saya bilang jika ingin BAB. Mulai usia 18 bulan hingga saat ini saya sudah tidak memakaikan diaper dan toilet learning pun masih saya terapkan. Tapi jika saya lupa mengajaknya ke toilet pada siang hari, dia mengompol.

Bu Mayke, pada waktu tidur malam, anak saya jarang mengompol meski saya tidak pernah mengajaknya ke toilet pada malam hari. Apa anak saya mengalami keterlambatan dalam menerima toilet learning? Apa yang harus saya lakukan supaya ia bisa mengungkapkan keinginannya saat akan BAK tanpa harus mengompol? Mohon bantuan dari Ibu Mayke. Terima kasih atas perhatiannya.Maya - Yogyakarta

Jawab:

Maya, Anda sudah melatih anak untuk BAK dan BAB di WC pada usia satu tahun dan sampai sekarang dia sudah bisa meminta untuk BAB di tempatnya, tidak mengompol ketika tidur malam. Dalam hal ini Anda sudah cukup  berhasil melatih dia. Apabila diperhatikan, sejak usia 18 bulan sampai kini, latihan untuk BAK sudah berlangsung hampir setahun lamanya, hanya saja kalau tidak diminta ke toilet, dia akan mengompol. Berarti pada anak belum terbentuk hubungan antara kandung kemih yang sudah penuh dengan menahan BAK serta menyatakan ingin pipis. Sayangnya tidak ada keterangan dari Maya, setiap berapa lama anak diminta untuk BAK? Untuk selanjutnya, lakukan pengamatan. Dalam seminggu Anda tidak memintanya BAK di toilet dan perhatikan jadwal BAK anak, misalnya di jam tertentu atau beberapa menit setelah minum terakhir kalinya. Kalau sudah berhasil menemukan pola BAK-nya, mulailah mengajak BAK sesuai dengan jadwal pipisnya anak, sehingga  dia belajar menghubungkan antara kandung kemih yang sudah penuh dengan rasa mau pipis serta menyatakan ingin pipis. Sekian dulu dan diharapkan saran ini bisa membantu Maya. Salam.