Suka Mengintip

By Ipoel , Jumat, 4 Januari 2013 | 08:00 WIB

Ibu Mayke, saya seorang ibu bekerja. Anak saya laki-laki berusia 4 tahun. Dia anak yang mandiri, misalnya bisa mandi pagi sendiri, usai sekolah atau habis main terus ganti baju. Atau kalau mau tidur gosok gigi dulu. Dia pun cukup terbuka pada saya. Kalau ingin sesuatu pasti dia bilang pada saya.

Oh ya, dia selalu “nempel” pada saya kalau sedang ada di rumah. Kadang dia minta digendong. Atau terkadang kalau mau tidur malam, dia minta dipeluk. Cuma, ada perilakunya yang saya khawatirkan. Kalau saya duduk dan sedang pakai rok, dia terkadang seperti “mengintip” seolah ingin tahu apa yang di balik rok. Atau kadang dia pegang paha saya. Kalau saya tanya,”Sedang apa, Dek?” Dia seperti malu-malu. Atau terkadang saat sedang dipangku, dia agak menarik baju saya bagian atas seperti mau “mengintip”. Tapi ketika saya tanya,”Adek sedang apa?” dia seperti malu-malu. Kenapa dia seperti itu? Apakah perilakunya wajar? Bagaimana saya harus bersikap? Sepertinya dia sangat sayang dan manja pada saya. Terima kasih Bu atas penjelasannya.Heidy - Bogor

Jawab:

Apakah perilaku si adek wajar? Ya, sangat wajar, dia hanya ingin tahu apa yang ada di balik rok atau baju ibunya dan menurut dugaan saya, ini berkaitan dengan keinginan tahu akan masalah seksual. Jangan-jangan dia belum pernah melihat alat kelamin perempuan dan tidak tahu beda antara perempuan dan laki-laki. Kemungkinan lain, dia meniru perilaku orang dewasa. Ibu dapat memperkenalkan bahwa laki-laki mempunyai penis, perempuan mempunyai vagina dan  buah dada (atau boleh memakai istilah yang lazim digunakan di tempat Ibu). Pengalaman praktis dapat Ibu berikan ketika dia ada bersama dengan anak kecil lain, baik laki atau perempuan dengan cara menunjukkan apa persamaan dan perbedaannya. Ibu boleh memberi tahu bahwa pada anak perempuan setelah usia remaja akan tumbuh buah dada. Kalau keingintahuan anak sudah terpenuhi, dia tidak akan lagi mengintip-intip rok atau baju Ibu.

Saran lain, ketika dia berusaha membuka baju ibu, katakan Ibu mengerti bahwa dia ingin tahu ada apa di dalamnya, tapi katakan juga bahwa perilaku itu tidak sopan. Ibu malu kalau sampai rok Ibu tersingkap dan dilihat oleh orang lain sebab hal ini merupakan sesuatu yang sangat pribadi, tidak sembarangan orang boleh melihatnya. Tubuh manusia tidak boleh dilihat oleh sembarangan orang yang tidak dikenal, karena itu manusia harus memakai baju.

Perilaku manja, ingin selalu berada di dekat Ibu, digendong, dipeluk sebaiknya dipenuhi secukupnya saja. Tetap tunjukkan bahwa Ibu menyayangi dia, tanpa memanjakan secara berlebihan.