Kulit Berubah Karena KB Suntik

By Ipoel , Rabu, 24 April 2013 | 07:00 WIB

Saya (34) memiliki seorang putri umur 11 tahun. Sejak kelahirannya saya menjalani KB berupa suntik 3 bulanan. Sehabis suntik biasanya saya selalu haid, tapi kenapa sehabis suntik terakhir saya belum mendapat haid lagi? Apakah kondisi begini bisa dikatakan wajar Dok? Lalu badan saya juga rasanya kok pegal-pegal tidak seperti biasanya. Apakah keluhan ini merupakan pengaruh dari darah haid yang belum keluar?

Apakah suntikan KB dapat menyebabkan warna kulit tubuh kita berubah? Soalnya, seingat saya dulu kulit saya lumayan putih tapi kenapa sekarang jadi kehitaman ya? Kalau tak kunjung haid seperti ini bagaimana kita bisa mengetahui masa subur? Menurut Dokter apakah saya sebaiknya ganti dengan sarana KB lainnya? Saya sangat mengharapkan penjelasan dari Dokter dan sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.Yuli - Slawi, Jateng

Jawab:

Cara kerja KB suntik tiga bulanan adalah menekan pertumbuhan sel telur dan selaput lendir rahim (endometrium) sehingga endometrium tersebut tidak tumbuh (menjadi tipis). Endometrium akan dilepaskan pada waktu haid, jadi bila tipis, maka tidak akan terjadi haid yang normal. Kadang-kadang masih bisa keluar sedikit darah berupa bercak-bercak saja; sedangkan bila penekanannya kuat, maka haid akan berhenti. Bila tidak haid dan ada gejala hamil muda, lakukan tes kehamilan dan segera memeriksakan diri ke dokter kandungan ibu. Kemungkinan adanya kehamilan harus dipastikan sebelum melanjutkan pemakaian kontrasepsi, termasuk bila ingin ganti cara KB.

Masa subur sulit ditentukan bila haid tidak teratur. Pemeriksaan hormon dan USG transvaginal untuk memantau pertumbuhan sel telur (folikel) dapat membantu menentukan kapan prakiraan masa subur. Apakah Ibu belum mau menambah momongan? Mengingat usia yang sudah 34 tahun, sebaiknya hamil lagi karena usia di atas 35 tahun tidak dianjurkan hamil. Sebabnya risiko mendapat janin cacat dan komplikasi kehamilan persalinan meningkat. Salah satu persiapan untuk hamil lagi adalah memenuhi kecukupan asam folat untuk mencegah cacat struktur kepala dan tulang belakang janin. Cukup minum tablet asam folat satu kali sehari, diminum mulai 3 bulan sebelum hamil.

Tentang perubahan warna kulit saya tidak tahu apakah karena KB suntik tiga bulanan atau karena pengaruh sinar matahari, silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Terima kasih atas pertanyaannya.