Hamil BB Turun

By Ipoel , Senin, 22 April 2013 | 07:00 WIB

Yth. Dr. Judi, saya (29) ibu seorang anak usia 6,3 tahun, saat ini sedang hamil 12 minggu. Tepatnya 3 bulan setelah lepas pil KB Nordex yang telah saya minum selama hampir 5 tahun lebih sejak kelahiran anak pertama. Selama kehamilan ini setiap BAK seperti keluar lendir, meski tidak berbau, kadang bening tapi kadang putih seperti susu. Normalkah gejala yang saya alami ini? Apalagi setiap habis berhubungan dengan suami bisa-bisa selama 2-3 hari terus keluar lendir seperti yang saya ceritakan di atas. Sama sekali tidak gatal, biasa saja kok.

Yang juga ingin saya tanyakan, selama hamil ini kok berat saya malah turun. Kalau sebelum hamil 58-59 kg, kenapa sekarang malah jadi 54-55 kg untuk tinggi 158 cm. Memang sih nafsu makan saya tidak terlalu banyak, tapi sekitar 2-3 jam sekali selalu lapar dan saya selalu makan meski setiap makan porsinya sedikit. Apakah turunnya berat badan ini akan berpengaruh buruk pada si kecil? Apa yang harus saya lakukan agar berat bisa naik? Mohon penjelasan dan terima kasih sebelumnya.Ika Mariana - Citeureup, Jabar

Jawab:

Pada waktu hamil, jumlah cairan vagina bertambah sebagai reaksi dari perubahan hormonal dan juga untuk persiapan melahirkan kelak. Bila ada iritasi, infeksi, atau pascasanggama, maka cairan tersebut bertambah. Bila cairan tersebut menimbulkan rasa gatal, berbau, bercampur darah atau warnanya kuning hingga kehijauan, Ibu harus segera ke dokter karena keputihannya sudah abnormal serta memerlukan penanganan yang rasional dan benar. Dokter akan melihat ke dalam vagina Ibu kemudian mengambil contoh cairan vagina untuk diperiksakan ke laboratorium guna mencari apakah penyebabnya. Di Jakarta penyebab keputihan bisa karena infeksi jamur atau kontaminasi kuman yang berasal dari air saat mandi atau membilas pascaberkemih maupun buang air besar. Mengenai berat badan yang berkurang dapat disebabkan oleh kurangnya kecukupan kalori dan zat gizi yang sering terjadi pada trimester pertama. Hindari makanan yang merangsang saluran cerna, misalnya softdrink, pedas, bersantan, atau berbau menyengat. Usahakan pada saat makan, unsur 4 sehat 5 sempurna dapat terpenuhi. Khusus untuk susu, pada trimester pertama tidak harus minum susu ibu hamil karena kandungan zat besi akan menambah mual-muntah, coba minum susu segar saja. Setelah trimester pertama dapat dicoba mengonsumsi susu ibu hamil. Terima kasih atas pertanyaannya.