Infeksi Saluran Kemih

By Ipoel , Jumat, 1 Februari 2013 | 08:00 WIB

Dr. Judi yang terhormat, saya (27) memiliki putri (1 bulan) ingin bertanya mengenai mioma/miom. Seperti apa penyakitnya, bagaimana gejalanya, bagaimana pengobatannya dan apakah berpengaruh pada kesuburan? Terima kasih atas penjelasannya.Wiwid - Pacitan, Jawa Timur

Jawab:

Mioma uteri adalah tumor jinak yang berasal dari otot rahim (miometrium) yang karena suatu sebab yang belum diketahui, otot tersebut berubah sifat pertumbuhannya. Gejala awalnya sangat sulit diketahui kecuali bila mioma tersebut terletak di rongga rahim sehingga menimbulkan gangguan haid berupa perdarah­an yang lama dan banyak atau nyeri haid berkepanjangan atau susah hamil.

Pemeriksaan berkala harus dilakukan oleh wanita yang berisiko terkena mioma, yaitu memiliki riwayat mioma pada saudara kandung wanita atau ibunya, kegemukan, dan sulit hamil. Pemeriksaan awal dimulai dengan melakukan pemeriksaan dalam dilanjutkan dengan USG transvaginal. Bila diame­ter miomanya lebih dari 5 cm, pemeriksaan USG dilakukan juga melalui perut sekaligus melihat kedua ginjal apakah ada bendungan aliran urine akibat mioma yang besar tersebut.

Pengobatan mioma umumnya operasi karena jaringannya padat. Memang ada obat suntik atau minum, tetapi hanya bersifat mengecilkan SEMENTARA atau diberikan sebelum dan setelah operasi mioma, obatnya dari golongan GnRH agonis. Mioma dapat mengganggu kesuburan, terutama yang terletak di rongga rahim (mioma submukosum) dan dekat pangkal saluran telur. Terima kasih atas pertanyaannya.