Tentang Miom

By Ipoel , Rabu, 30 Januari 2013 | 12:00 WIB

Dokter Judi yang baik, 5 tahun lalu saya (42) menjalani operasi pengangkatan tumor. Katanya sih,  jinak. Bagaimana sih, kita orang awam ini membedakan mana tumor jinak dan mana yang masuk kategori ganas? Setelah operasi itu saya praktis tidak haid lagi, tapi yang jadi keluhan, belakangan saya sering merasa nyeri yang amat sangat setelah duduk agak lama atau saat berdiri setelah posisi jongkok.

Dari pemeriksaan, katanya, saya terkena ISK (infeksi saluran kemih). Selain diberi obat yang harus diminum sampai habis, saya juga diberi obat yang harus dimasukkan ke dalam vagina menjelang tidur malam, agar tidak jatuh. Obat ini, katanya, akan larut/lebur dengan sendirinya saat berada dalam vagina. Makanya kemasan obat ini harus disimpan tertutup dalam kulkas. Apakah keluhan-keluhan yang saya alami tadi ada saling keterkaitannya satu sama lain atau merupakan sebab-akibat? ISK bisakah sembuh total ataukah akan cenderung berulang terus? Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah kekambuhan? Terima kasih dan maaf ya Dok kalau pertanyaannya panjang.Asih - Banjarmasin

Jawab:

Tumor jinak apa? Apakah dari rahim atau indung atau dari organ lainnya? Kenapa haid Ibu jadi berhenti? Data yang Ibu berikan sangat minim sehingga penjelasannya menjadi sulit. Keganasan hanya bisa dipastikan melalui pemeriksaan jaringan tumor tersebut (pemeriksaan patologi anatomi) oleh dokter spesialis PA.

ISK sering terjadi pada wanita yang kerap menahan berkemih atau akibat penjalaran infeksi dari rongga mulut atau vagina. Anatomi saluran kemih wanita bagian bawah relatif pendek dibanding pria sehingga kuman dari mulut luar saluran kemih mudah naik ke kandung kemih bila wanita sering menahan kemih.

Agar pengobatan menjadi rasional dan tepat guna, HARUS dilakukan biakan kuman dari urine dan juga cairan vagina. Hasil biakan akan menentukan jenis kuman yang ada apa namanya dan sekaligus kuman tersebut dapat diberantas dengan obat apa (kultur dan uji sensitivitas). Harap dijaga kebersihan organ intim dengan tidak memakai air yang terkontaminasi kuman, pascahubungan intim segera dibersihkan, dan bila ada keluhan keputihan atau sakit saat BAK, segera ke dokter. Terima kasih atas pertanyaannya.