Bedak Vagina Picu Kanker?

By Ipoel , Rabu, 5 Desember 2012 | 19:00 WIB

Dokter Judi yang baik, saya ibu 2 anak usia 7 dan 1 tahun, keduanya perempuan. Tanpa sengaja dulu sewaktu mereka masih bayi, saya sering membedaki vagina mereka. Benarkah kebiasaan ini bisa menyebabkan atau menjadi pemicu kanker pada si Upik di usia dewasa? Mohon penjelasan dan terima kasih banyak sebelumnya. Ineke – Cinere

Jawab:

Dari penelitian yang ada memang ditemukan adanya sedikit peningkatan risiko terkena kanker indung telur (ovarium). Mulai sekarang ajari mereka cara hidup yang sehat, misalnya makan makanan yang halal dan alamiah, tidak kegemukan, tidak makan junk-food dan kelak bila sudah dewasa, jangan terlambat menikah, punya anak, dan menyusui hingga genap 24 bulan. Selain itu, rajin memeriksakan diri ke dokter kandungan, terutama bila haidnya nyeri atau tidak teratur. Hindari juga makan makanan yang dibakar karena arangnya bisa memicu kanker saluran cerna.

Kenali juga faktor risiko dalam keluarga, misalnya ada keluarga dekat yang terkena tumor payudara, indung telur, rahim atau saluran cerna. Namun, Ibu jangan terlalu stres memikirkannya. Kalau tidak tahu, insya Allah tidak apa-apa. Yang penting ke depannya kita perbaiki. Terima kasih banyak atas pertanyaannya.