Pilih-Pilih Kontrasepsi

By Ipoel , Minggu, 2 Desember 2012 | 19:00 WIB

Dr. Judi, saya ibu dari 2 anak laki-laki. Saya pakai pil KB. Kenapa saya kalau menstruasi sebulan selalu 2 kali? Apakah ini akibat pengaruh dari pil KB tersebut? Kalau saya menginginkan alat kontrasepsi permanen atau berjangka waktu lama, jenis alat kontrasepsi apa yang paling aman?Ny. Satrio – via e-mail

Jawab:

Pemilihan metode KB dipengaruhi banyak hal, misalnya umur, apakah masih menyusui atau tidak, penyakit ibu, risiko infeksi, ketaatan minum obat, atau sudah tidak mau lagi memiliki keturunan. Bahkan ada yang memasukkan agama sebagai salah satu faktor dalam memilih metode kontrasepsi. Saya tidak tahu berapa umur Ibu, apakah masih menyusui atau tidak, dan apakah ada penyakit pada Ibu. Pil KB ada yang kombinasi mengandung hormon estrogen dan progesteron serta pil KB khusus bagi ibu menyusui yang hanya mengandung satu hormon yaitu progesteron. Pil KB kombinasi dipilih karena sudah tidak menyusui, tidak ada penyakit yang berkaitan dengan hormon, disiplin, dan mampu menyediakan pil tersebut secara berkesinambungan. Bila masih menyusui, hanya boleh pil KB khusus atau suntik yang juga hanya mengandung hormon progesteron, atau bisa juga memakai spiral.

Sedangkan kontrasepsi permanen (sterilisasi) hanya untuk mereka yang sudah memutuskan tidak mau hamil lagi atau karena alasan medis sudah tidak dianjurkan hamil lagi. Spiral ada yang 3 tahun, 5 tahun, 8 tahun, bahkan semumur hidup (tipe Lippes-loop). Sebaiknya Ibu berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat dipilihkan metode mana yang mungkin cocok bagi Ibu.