Anak Mengeluh Mual

By Ipoel , Rabu, 25 September 2013 | 02:30 WIB

Dokter Rifan, anak saya, laki-laki (8) sering mengeluh mual, padahal tidak mengidap penyakit mag. Sebetulnya gejala mag pada anak itu seperti apa? Mungkinkah anak kecil sudah menderita mag? Mohon penjelasan Dokter Rifan. Terima kasih.

Anastasia – via e-mail

Mual pada seorang anak dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pada beberapa kasus didapatkan kondisi yang disebut sebagai refluks (aliran balik) gastroesofageal (dari lambung ke arah kerongkongan), yang mengakibatkan gejala mual dan sering kali muntah.

Radang lambung (gastritis) atau orang awam sering menyebutnya dengan penyakit mag dapat saja terjadi pada seorang anak, dapat disebabkan pola makan yang tidak teratur, jenis makanan yang dapat merangsang pengeluaran asam lambung, dan sebagainya.

Penyebab lain yang juga dapat menyerupai gejala mual adalah radang di daerah sinus (sinusitis) yang mengakibatkan lendir kental mengalir ke belakang hidung yang pada suatu waktu dapat saja tertelan dan menimbulkan gejala mual.

Sensasi rasa mual juga dapat disebabkan faktor psikologis, seperti anak sedang depresi, cemas, di bawah tekanan emosional, dan sebagainya.