Bintik di Kulit Tak Mau Hilang

By Ipoel , Jumat, 13 September 2013 | 01:00 WIB
Bintik merah pada kulit bisa menandakan penyakit serius (Freepik)

Dokter Rifan, anak saya laki-laki (3,6) dengan BB/TB 13,8 kg/98 cm. Sudah dua minggu ini dikulitnya terdapat bintik-bintik menyerupai jerawat batu pada orang dewasa yang sangat banyak, terutama di kaki dan sedikit gatal. Sudah kami bawa ke dokter kulit, katanya, anak kami alergi MSG dan telur. Kami sudah berusaha sedapat mungkin menghindari makanan pencetus alergi tersebut serta memakaikan salep dan bedak gatal dari dokter tersebut.

Namun, obat minum tidak diberikan karena anak sulit sekali minum obat. Sampai saat ini (1 minggu) bintik-bintik tersebut masih ada dan terus bertambah. Mohon saran dari Dokter, apa yang harus kami lakukan karena kami sangat khawatir dan bingung. Sri Istiyani Klaten

JAWAB:Sayang sekali Ibu tidak secara spesifik menjelaskan lokasi bagian tubuh yang menderita bintik-bintik tersebut. Mungkin saja kondisi tersebut merupakan gejala alergi, tetapi tidak tertutup kemungkinan bahwa yang terjadi adalah prurigo (reaksi berlebihan dari kulit akibat gigitan serangga, seperti nyamuk, semut, dan sebagainya), infeksi parasit seperti skabies, dan sebagainya. Bawa dia ke dokter anak atau dokter kulit lagi untuk mengetahui penyebab pasti dan mengevaluasi kondisi serta hasil terapinya pada si kecil.