Gigi Hitam

By Ipoel , Jumat, 12 April 2013 | 07:00 WIB

Anak saya laki-laki (4 tahun, BB/TB 16,5 kg/104 cm). Secara fisik terlihat kurus, namun banyak yang bilang bukannya kurus tetapi karena tinggi jadi tampak kurus. Apakah benar demikian? Giginya (beberapa di bagian atas) tampak hitam dan hampir mau hilang. Apa ini berkaitan dengan kebiasaannya mengemut makanan?  Waktu usia 2 tahun, dia agak susah makan dan jarang minta minum susu. Setelah susu formula dari rasa vanila saya ganti cokelat, minum susunya jadi lebih banyak. Apakah konsumsi susu ini pun menjadi penyebab gigi anak saya hitam?

Kebiasaan rutin menggosok gigi memang baru ditanamkan di usia 2 tahun. Sebelumnya bila saya ingin menggosok giginya dia selalu menolak sehingga saya membersihkannya sekali–kali saja. Sekarang menggosok giginya sudah rutin, tiap kali mau mandi dan sebelum tidur malam. Hanya kadang-kadang setelah gosok gigi, dia minta susu atau makan kue dan tak mau gosok gigi lagi. Apakah yang saya harus lakukan, apa semua giginya yang tampak hitam mesti dicabut sekarang?  Demikian permasalahan dari saya, jawaban dari Dokter saya tunggu. Terima kasih  Yuni – Jakarta Selatan

Jawab:

Berdasarkan status antropometri, si kecil masih termasuk gizi baik dan memang tinggi badannya termasuk rata-rata di atas P 50 nilai normalnya. Sebaiknya memang berat badannya perlu ditambah lagi dengan meningkatkan asupan nutrisinya. Kebiasaan mengemut biasanya berlangsung sejak anak mendapat makanan tambahan pendamping ASI (MPASI). Bila proses pemberian MPASI tidak dilakukan dengan baik, telaten dan sabar, biasanya anak akan mengalami kesulitan dalam  memperlakukan makanan yang masuk ke dalam mulutnya. Ia hanya akan memasukkan ke dalam mulut dan membiarkannya berlama-lama di sana (diemut). Faktor tekanan psikologis berupa hukuman baik verbal ataupun nonverbal saat pemberian makan dapat menyebabkan si kecil menjadi lebih suka menge­mut makanannya.

Gigi si kecil merupakan gigi susu yang pada saatnya nanti akan tanggal dan digantikan oleh gigi dewasanya. Gigi susu dapat saja mengalami seperti karies, terlebih bila higienenya kurang dijaga dengan baik, seperti kurang sering dibersihkan setelah makan/minum susu. Namun demikian gigi tersebut pada waktunya akan digantikan oleh gigi dewasa. Pada saat gigi dewasanya tumbuh, sebaiknya ia sudah dapat melakukan sikat gigi secara teratur sehingga kebersihan gigi dan rongga mulut dapat selalu terjaga dan dapat mencegah terjadinya karies ataupun karang gigi.