Tiap Habis Makan Pasti BAB

By Ipoel , Rabu, 30 Januari 2013 | 08:00 WIB

Anak saya (27 bulan, BB/TB 11,5 kg/93 cm), tergolong susah makan. Biasanya porsi makan terbanyaknya saat sarapan dan makan malam. Makan siang kadang mau kadang tidak. Minum susu formula 6-7 kali per hari @ 100 ml. Ia tidak begitu suka sayur, tetapi makan buah dan mengemil. Sering kali, setiap habis makan dan terlihat kenyang, dia langsung BAB. Yang ingin saya tanyakan, apakah hal ini normal atau ada yang salah dengan pencernaannya? Apakah BB anak saya normal? Terima  kasih atas penjelasannya. Yulie Hananto - Yogyakarta

Jawab:

Sayang sekali Ibu tidak menyebutkan jenis kelamin si kecil agar saya dapat mengukur status antropometrinya. Namun secara perhitungan kasar, berat ideal si kecil dengan tinggi badan tersebut adalah berkisar antara 13,5-14 kg. Proses makan adalah suatu proses pendidikan, yaitu mendidik dan membimbingnya mengenal, mencoba dan menerima jenis makanan dengan tekstur dan rasa yang berbeda  dengan jenis makanan yang biasa ia terima selama ini (ASI/susu). Proses ini merupakan periode kritis,  yaitu bila tidak berlangsung dan dilalui  dengan baik maka dapat menimbulkan masalah makan yang akan berlanjut di usia-usia berikutnya. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan makan kepada si kecil adalah dengan menciptakan suasana makan yang menyenangkan, penuh kasih sayang, tidak ada unsur paksaan, tidak ada hukuman baik verbal maupun nonverbal dan penuh dengan kesabaran.

Begitu pula terhadap si kecil, perlahan tapi pasti usahakan agar ia mau menerima makanan dalam jumlah yang optimal. Jumlah total susu formula yang dikonsumsi si kecil saat ini terlalu berlebihan. Biasakan ia hanya minum susu formula sebanyak 2-3 kali per hari, dan sisanya harus mulai dibiasakan mengonsumsi makanan sebanyak 3 kali sehari. Mengenai kebiasaannya sering BAB setelah merasa kenyang masih perlu dilakukan pemeriksaan konsultasi yang lebih teliti dengan dokter. Namun dapat saja berupa kebiasaan saja yang dapat dilatih atau dibiasakan dengan latihan buang air besar/kecil  (toilet learning). Mudah-mudahan penjelasan ini bermanfaat.