Menu Apa Yang Baik dan Sehat Untuk Makanan Pendamping ASI?

By Ipoel , Selasa, 1 Januari 2013 | 08:00 WIB
MPASI untuk bayi ()

Nakita.id - Putri saya saat ini akan memasuki usia enam bulan. Saya berencana memberinya makanan pendamping ASI. Menu apa yang baik dan sehat untuk makanan pendamping ASI? Bagaimana waktu (jam makan) pemberian makanan pendamping yang baik? Terima kasih atas jawabannya.

Evi Setia Asih – Banyumas

Jawab:

Menu makanan pendamping ASI untuk masa pengenalan awal dapat berupa biskuit bayi yang diencerkan ataupun bubur bayi (berbahan tepung beras putih dan merah, tepung kacang hijau, dan buah-buahan) dengan pengenceran bertahap dari encer (lebih banyak air) hingga kental sebagai tahap pertama pengenalan bentuk makanan selain cair (ASI).

Secara bertahap di minggu kedua, tekstur bubur dibuat lebih kental.

Buah-buahan yang dapat diberikan di antaranya air perasan jeruk manis, pisang lembut, pepaya, avokad, apel, melon, pir, semangka, dan sebagainya dalam bentuk lumat.

Berikan makanan pendamping ASI (MPASI) sekali sehari dalam porsi kecil (beberapa sendok saja) sebagai perkenalan, lalu meningkat menjadi dua sampai tiga kali sehari di hari-hari berikutnya.

Namun, di luar itu semua, faktor lain yang paling penting adalah bagaimana orangtua memberikan MPASI dengan pendekatan yang menyenangkan, penuh kesabaran, pantang menyerah, disiplin namun penuh kasih sayang.

Suasana makan yang menyenangkan seringkali terbukti mampu meningkatkan mood si kecil yang pada akhirnya meningkatkan nafsu makannya.

Di samping itu dalam acara makan juga tidak boleh ada unsur hukuman, baik berupa hukuman verbal maupun nonverbal yang dapat menyebabkan si kecil “mogok makan” bahkan dapat pula menyebabkan semacam trauma terhadap makanan.

Mudah-mudahan penjelasan ini dapat membantu Ibu.