Persiapan Kehamilan Kedua (1)

By Santi Hartono, Senin, 16 November 2015 | 21:43 WIB

Tabloid-nakita.com – Si kecil sekarang sudah cukup besar dan sepertinya sudah cukup mandiri. Papa sudah sejak lama ngebet ingin ngasih si kakak seorang adik. Kalau Mama bagaimana? Sudah siap untuk hamil lagi?

              Kalau iya, berarti sudah waktunya untuk Mama kembali menyiapkan fisik dan mental agar kehamilan kedua Mama bisa sama lancarnya, atau malah lebih nyaman, daripada yang pertama. Semua yang Mama terapkan sebelum kehamilan yang pertama—menjaga pola makan sehat, berolah raga, mengontrol berat badan, dan melakukan pengecekan prakonsepsi—harus Mama jalankan kembali. Yang akan membedakan kedua kehamilan itu adalah: Kini Mama akan melakukan segala persiapan kehamilan anak kedua sembari mengatasi semua permintaan, rengekan, dan tuntutan si kakak!

Nah, agar Mama bisa melakukan persiapan kehamilan anak kedua secara maksimal, dalam waktu yang lebih terbatas dan energi yang jauh terkuras, kami akan memberikan tiga langkah persiapan kehamilan anak kedua beserta sejumlah kiat praktisnya, dimulai dari: 

  1. Temukan waktu untuk tetap bugar dengan berolah raga

Setelah memiliki anak, Mama mungkin tidak semudah dulu untuk pergi ke gim—atau bahkan menemukan waktu (dan energi) untuk mengikuti gerakan instruktur senam di DVD—sesering yang Mama inginkan. Mama bahkan mungkin merasa bersalah saat ingin melakukan me time ketika ada seabrek aktivitas menyangkut si kecil yang tak mungkin ditinggalkan. Yang sebaiknya diingat, untuk menyiapkan kehamilan yang sehat, Mama harus tetap menjaga kesehatan Mama, jadi berolahraga secara rutin bukanlah kemewahan, tapi kebutuhan. Jika Mama merasa mustahil bisa menemukan waktu untuk berolah raga, cobalah untuk menjalankan sejumlah solusi berikut:

Selain menjaga kebugaran, Mama juga harus menjaga dua hal lain yang akan kami bahas di artikel selanjutnya, masih soal persiapan kehamilan anak kedua. Ikuti terus, ya.