Tonggak Perkembangan Bayi (3)

By Santi Hartono, Selasa, 24 Maret 2015 | 23:00 WIB

Tabloid-nakita.com – Semakin lama bersama si kecil, Ibu dan Ayah juga pasti akan semakin bisa mengenali tanda-tanda yang diberikan saat ia merasa lapar, mengantuk, lelah, ingin bermain, dan lainnya. Yang biasanya belum diketahui orangtua, terutama orangtua baru, adalah tonggak-tonggak perkembangannya. Berikut tonggak perkembangan bayi ( 4 sampai 7 bulan).    

Setelah menginjak umur empat bulan, bayi Ibu sudah akan terhubung sepenuhnya dengan dunia di sekelilingnya. Dia akan tersenyum, mengoceh, dan mengajak Ibu-Ayahnya mengobrol. Selain itu, di tahapan ini si kecil juga akan mulai bisa berpindah—saat berumur tujuh bulan, ia mungkin sudah bisa berguling untuk telungkup lalu kembali telentang, duduk tanpa dibantu, dan melonjak-lonjakkan kaki saat Ibu menggendongnya. Koordinasi tangannya juga semakin membaik. Kini bayi Ibu sudah bisa menggunakan keempat jari tangannya, di luar jempol, untuk menarik benda-benda dan juga memegang mainan untuk kemudian dipindahkan dari satu tangan ke tangan lain.

         Secara emosi, bayi Ibu akan menunjukkan tonggak perkembangan bayi (4 sampai 7 bulan), yaitu lebih sensitif terhadap nada suara dan akan memerhatikan peringatan Ibu waktu Ibu mengatakan “tidak” kepadanya. Si kecil juga sudah mengetahui namanya dan akan menengok ke arah Ibu saat Ibu memanggilnya.

         Di umur ini, bayi Ibu akan sangat menyukai permainan cilukba dan dia akan sangat senang jika bisa menemukan benda-benda yang Ibu sembunyikan sebagian. Selain itu, kemampuan penglihatannya juga sudah semakin sempurna sehingga si kecil sudah bisa melihat dunia yang warna-warni dan bisa memandang lebih jauh. Jika Ibu memindahkan mainan di depannya, dia akan mengikutinya dengan matanya. Selain itu, bayi Ibu juga akan merasa senang saat memandangi bayangannya sendiri di cermin.