Tonggak Perkembangan Bayi (2)

By Santi Hartono, Selasa, 24 Maret 2015 | 22:00 WIB

Tabloid-nakita.com – Setelah bersama selama tiga bulan, saat ini Ibu dan Ayah mungkin tengah bahagia menikmati hangat dan manisnya senyuman bayi Ibu. Selain itu, sekarang si kecil juga sudah bisa secara aktif menikmati waktu bermain dan menghibur Ibu dan Ayah dengan mencoba meniru ekspresi wajah orangtuanya. Bayi Ibu juga akan memperlihatkan tonggak perkembangan bayi  (3 bulan) yang lain, yaitu mulai mengeluarkan suara dan mengoceh serta menirukan bunyi-bunyian yang Ibu buat.

                Di samping perkembangan emosi, bayi Ibu juga akan melalui tonggak perkembangan bayi (3 bulan) secara fisik. Tidak seperti sebelumnya, saat ini Ibu sudah tidak perlu lagi menyangga kepala si kecil. Jika ditelungkupkan, bayi kecil Ibu sudah akan bisa mengangkat kepala dan dadanya, bahkan melakukan push-up mini yang merupakan tahap persiapan sebelum ia bisa berguling menyamping. Di umur ini, bayi juga seharusnya sudah bisa membuka dan menutup telapak tangannya, menggoyang-goyangkan mainan, memukul-mukul benda yang diletakkan di atasnya—misalnya mainan gantung—, menggerakkan tangannya ke mulutnya, serta menjejak-jejakkan kaki saat Ibu mengangkatnya dalam posisi berdiri.  

                Koordinasi antara mata dan tangan bayi berumur tiga bulan juga sudah meningkat. Coba perhatikan bagaimana si kecil akan mencermati benda-benda yang menarik perhatiannya. Selain itu, ia juga akan sangat menaruh perhatian pada wajah-wajah. Dan dengan jarak pandang yang meningkat, si kecil juga akan mampu mengenali Ibu dan Ayahnya dari jarak yang lebih jauh, misalnya dari sudut kamar.