Tonggak Perkembangan Bayi (1)

By Santi Hartono, Selasa, 24 Maret 2015 | 21:00 WIB

  Tabloid-nakita.com – Setelah kehadiran bayi, Ibu disibukkan dengan kegiatan seperti menyusui, mengganti popok, meninabobokkan, dan merespons tangisan si kecil; sekaligus dibuat takjub dengan perkembangannya yang sangat pesat. Dalam beberapa minggu, bayi kecil Ibu sudah mulai bisa mengenali suara, wajah, serta sentuhan Ibu. Agar tidak melewatkan tonggak perkembangan bayi (1-2 bulan) Ibu, ada baiknya Ibu terus memerhatikan tanda-tanda yang ia berikan serta kemampuan fisiknya. Apa saja?  

                Bayi satu bulan umumnya mampu memandang benda yang berjarak sekitar 20 sampai 30 cm dari wajahnya—jarak yang tepat bagi bayi untuk menatap wajah Ibu dan papanya. Bayi juga akan merasa sangat tertarik dengan pola-pola berwarna hitam-putih. Indra pendengarannya juga telah berkembang dengan sempurna dan si kecil mungkin akan menengok ke suara atau bunyi-bunyian yang akrab baginya, seperti suara Ibu. 

                Si kecil juga sudah mampu mengangkat kepalanya sebentar dan menengok ke samping saat dia ditelungkupkan, tapi ketika dalam posisi tegak, kepala dan lehernya masih perlu disokong. Kedua lengan bayi umumnya akan bergerak menyentak-nyentak, meski begitu ia juga bisa menggerakkan tangannya mendekati mulutnya. 

                Sebagai ibu, selain mengetahui tonggak perkembangan bayi (1-2 bulan), Ibu tentunya juga ingin tahu apa yang harus dilakukan agar si kecil merasa nyaman. Yang pertama dan yang terpenting adalah nikmati momen-momen bersama si kecil: dekap ia, ajaklah berbicara, dan pelajari tanda-tanda ketika dia mengantuk atau lapar. Lakukan dengan penuh perhatian dan responsif. Jangan biarkan si kecil menangis terlalu lama.