Khawatir Saat Menjadi Ibu

By Meliana Aryuni, Jumat, 10 Januari 2014 | 02:38 WIB

Ada beberapa kekhawatiran yang kurasakan ketika mempunyai bayi, apakah ada di antara pembaca/blogger yang mengalami hal seperti ini?

1. Feses cair/terkesan mencret. Awalnya khawatir, tapi setelah dilihat setiap harinya ternyata feses bayi yang diberi ASI memang cair.

2. BAB tidak lancar. Hal serupa dengan feses yang cair, jangka waktu mengeluarkan feses yang lebih dari sehari membuat cemas ibu baru, namun setelah ditanyakan kepada bidan bahwa bisa saja terjadi hal seperti itu karena makanan menjadi sari-sari yang diserap oleh tubuh anak.

3. Meletakkan bayi di pundak untuk bersendawa. Orang tua sangat cemas jika melihat hal itu kita lakukan kepada bayi, tapi  posisi seperti itu lebih efektif untuk membuat bayi bersendawa. Lakukan pada bayi yang usianya +-4o hari.

4. Tengkurap. Orangtua juga cemas jika bayi ditengkurapkan ketika tidur padahal menurut bidan dengan tengkurap bayi lebih lama/nyaman, dan tidak kagetan. Posisi ini biasanya dilakukan ketika awal kelahiran para bidan/dokter meletakkan bayi di dada ibu dengan posisi tengkurap untuk melatih pernapasan dan jantung bayi.

5. Bayi lama tidak menyusui. Biasanya karena kelamaan menyusui, ubun-ubun di kepala bayi akan mencembung, yang menandakan bayi dehidrasi. Berikan asi dengan teratur, misalnya 2 jam sekali meski sedikit sedikit.

6. Bayi terjaga malam (bisa saja tidur malamnya hanya 2 jam). Jangan khawatir, mungkin bayi baru mencari jadwal main dan tidur untuknya. Jika malam jangan ajak tidur, jadi ia tidak terbiasa untuk bangun malam kembali.

7. Melamun setelah mandi/diberi ASI. Itu tandanya si bayi mau bobo’. Jadi, tunggu saja matanya tertutup

8. Muntah. Biasanya terjadi karena posisi menyusui yang salah atau bayi tidak disendawakan, atau bayi lupa menelan asinya.

9. Kulit merah. Jika itu terjadi ketika memakai popok pabrik, merah akan berlangsung beberapa hari. Jika karena biang keringat, mandikan terus dengan mandi cemplung bukan di lap.

10. Kulit mengelupas. Biasanya bentuknya seperti keringat malam yang berisi air. Di awal lahir kulit bayi baru beradaptasi. Jadi, jangan cemas hal ini akan segera berakhir.

11. Rambut rontok. Rambut yang rontok adalah rambut yang tumbuh saat di dalam rahim. Jangan khawatir, rambut sesungguhnya akan tumbuh kembali.

12. Ditindik dan sunat (anak wanita) sakit. Biasanya tangisan akan terdengar sebentar dan dalam beberapa hari sakitnya akan hilang.