Glaukoma Dapat Mengakibatkan Hilangnya Penglihatan Pada Anak, Yuk Kenali Gejalanya

By Ayu, Rabu, 18 September 2019 | 20:30 WIB
Kenali gejala glaukoma pada anak. (freepik.com)

Nakita .id - Glaukoma merupakan masalah kesehatan dimana tekanan cairan normal di dalam mata perlahan-lahan menumpuk dan tidak mengalir dengan baik.

Akibatnya terjadi cidera pada jaringan drainase, dengan demikian menyebabkan meningkatnya tekanan intraokulae, kerusakan pada saraf optik, dan dapat kehilangan penghlihatan.

Glaukoma pada anak umumnya dapat didiagnosis pada bayi baru lahir hingga usia 3 tahun, ini disebabkan faktor bawaan glaukoma kongenital.

Baca Juga: Jarang Disadari, Glaukoma Jadi Penyakit Utama Pencuri Penglihatan

Bila glaukoma ini telah dialami sejak lahir, kadang tidak dapat dikenali sejak dini oleh orangtua, karena selain anak belum dapat menyampaikan keluhannya dengan baik, anakpun belum memiliki pengalaman dengan penglihatannya.

Lain hal dengan orang dewasa yang sebelumnya berpenglihatan normal.

Baca Juga: Santer Kabar BJ Habibie Donorkan Mata Untuk Thareq Kemal yang Alami Glaukoma, Ilham Akbar Buka Suara: 'Itu Hoaks, Enggak Mungkin'

Mereka akan tahu perbedaannya, karena sebeulmnya orang dewasa memiliki penglihatan yang normal, ketika terkena glukoma penglihatannya semakin memburuk.

Jika mengalami gejala seperti muntah, sakit kepala yang hebat, dan pandangan mulai kabur coba periksakan ke dokter karena itu sebagian dari gejala glukoma.