Rayakan Hari Batik Nasional, Tengok Inspirasi Busana Batik Ala Para Ibu Negara, dari Fatmawati Sampai Iriana Jokowi

By Ine Yulita Sari, Rabu, 2 Oktober 2019 | 14:24 WIB
Inspirasi Busana Batik Ala Para Ibu Negara, Mulai dari Fatmawati hingga Iriana Jokowi (Kolase Instagram)

 

Nakita.id - Hari ini 2 Oktober 2019, masyarakat Indonesia merayakan Hari Batik Nasional.

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia mengenakan baju batik di Hari Batik Nasional.

Hal ini lantaran untuk menghargai salah satu jenis busana warisan budaya dunia yang telah mendapat pengakuan dari UNESCO.2

Hari Batik Nasional merupakan hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Instangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Baca Juga: 1 Bulan Jadi Anggota Dewan, Penampilan Sederhana Tina Toon di Hari Batik Nasional Panen Banyak Pujian dan Doa dari Warganet

UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia sebagai wujud pengakuan Internasional atas budaya Indonesia.

Perayaan Hari Batik Nasional disambut berbagai instansi pemerintahan, termasuk para ibu negara yang kerap mengenakan busana batik di berbagai kesempatan.

Pakaian batik para ibu negara, mulai dari Fatmawati hingga Iriana Jokowi kerap menjadi inspirasi busana batik yang banyak dicari.

Baca Juga: Ditanya Soal Rencana ke Depan Sebagai Anggota DPR, Warganet Bandingkan Jawaban Krisdayanti Dan Mulan Jameela: