Kasihan! Usianya Baru 10 Bulan Tapi Tampak Seperti Anak Usia 2 Tahun Karena Bobotnya Ekstra Berlebih

By , Selasa, 21 November 2017 | 09:45 WIB
Baby Luis yang baru berusia 10 bulan! (Soesanti Harini Hartono)

Nakita.id - Bayi yang gemuk sering dianggap sebagai bayi sehat. Padahal, jika berat tubuhnya tak ideal sesuai dengan usianya, hal ini bisa berdampak pada masalah kesehatan salah satunya obesitas.

Hal ini dialami oleh seorang bayi berumur 10 bulan, yang tampak seperti anak berusia 2 tahun dan beratnya sama dengan anak yang berusia 9 tahun!

Bayi yang lahir dengan nama Luis Manuel ini merupakan bayi yang sehat dengan berat lahir ideal sekitar 3,5 kilogram.

Hal ini dianggap sebagai berat badan bayi normal yang sehat, namun ada sedikit kejanggalan yang dirasakan keluarganya. Mereka memerhatikan bahwa dari hari ke hari, pertambahan berat badan Luis terus bertambah dengan cepat.

Baca juga : Bayi Besar Berisiko Mengalami Banyak Gangguan Kesehatan

Ibu Luis, yakni Isabel Pantoja, baru berusia 24 tahun dan dirinya berasumsi bahwa pertumbuhan si kecil yang amat pesat disebabkan oleh kualitas ASI-nya yang terlampau baik. Namun mulai perlahan, kebanggaannya kini berubah menjadi kecemasan.

Ketika usia Luis baru menginjak satu bulan, ia mulai tumbuh dengan cepat dan akibatnya bayi tersebut harus mengenakan pakaian yang cukup besar, yang umumnya untuk anak berusia dua tahun.

Hal ini disebabkan karena lingkar pinggangnya melebar begitu cepat. Menurut dokter, bayi malang ini menderita Sindrom Prader-Willi. Ini adalah kelainan genetik yang tidak dapat disembuhkan, yang berarti seseorang tidak akan pernah merasa kenyang.

Gejala yang tampak diantaranya, keinginan konstan untuk makan dan kelaparan permanen, berat badan bertambah terus, pertumbuhan terbatas dan perawakannya pendek hingga masalah perilaku.

Baca juga : ASI Mencegah "Giant Baby" Tumbuh Makin Besar

Gangguan ini pun bisa memicu serangan jantung pada anak-anak.

Karena perekonomian keluarganya cukup sulit, keluarga telah mengumpulkan dana, sehingga Isabel dan keluarga dapat menjalani perawatan medis untuk Luis, jika diagnosa penyakitnya sudah bisa dikonfirmasi lebih lanjut.

Semoga saja Baby Luis segera pulih ya, Bu!