Riset: Ramuan Herbal yang Ampuh Cegah Gigi Berlubang

By , Jumat, 24 November 2017 | 07:00 WIB
Penyebab Sakit Gigi Pada Mama Hamil (Puri)

Nakita.id - Gigi berlubang menjadi salah satu masalah gigi yang dapat menyebabkan gusi bengkak akibat makanan yang mengendap. Bila sudah bengkak, biasanya kita cenderung tak bisa tidur nyenyak dan segala aktivitas harian terganggu.

Nah, ternyata ada ramuan khusus yang bisa mencegah gigi berlubang dan terbebas biaya mahal karena harus periksa ke dokter gigi.

Para ilmuwan telah menemukan, ramuan yang disebut Chinese gall (nama ilmiah Galla Chinensis) yang berfungsi untuk mencegah kerusakan gigi dan kemudian meningkatkan kekuatannya, yang berpotensi menjadi langkah pertama mencegah timbulnya lubang.

Ramuan ini bekerja efektif karena mengandung bahan aktif yang menghentikan bakteri menghasilkan asam yang meluruh gigi dan menyebabkan lubang, menurut sebuah studi di Open Dentistry Journal.

Ramuan ini juga membuat gigi lebih kencang terhadap asam, sehingga tidak mudah patah.

"Untuk menjaga kesehatan mulut, lingkungan di area mulut harus relatif netral. Bila lingkungan di dalam mulut menjadi lebih asam, rongga gigi atau gangguan lainnya mungkin berkembang," demikian menurut Bentham Science Publishers

Baca juga : Tidak Mau Gigi Anak Rusak dan Menghitam? Hindari 4 Kebiasaan Ini

Menurut pernyataan tersebut, ramuan tersebut juga memiliki aplikasi di luar perawatan gigi, yang dapat bekerja sebagai antioksidan, pengobatan antidiarrheal dan zat antivirus, di antara penggunaan lainnya.

Para ilmuwan, yang berasal dari West China School of Stomatology dan The Academic Center for Dentistry Amsterdam, menemukan bahwa ketika mereka menggunakan spektrometer massa (alat yang digunakan untuk menentukan massa atom atau molekul) guna menguji bahan-bahan dari ramuan untuk menilai zat antibakterinya.

Tim juga melihat bagaimana ramuannya mencegah gigi mengalami demineralisasi atau proses penghilangan kadar garam dan mineral dalam air melalui proses pertukaran ion.

Meskipun fluorida memainkan peran besar dalam pencegahan lubang gigi, dengan tambahan mineral alami akan memperkuat permukaan luar gigi yang disebut enamel, metode tambahan untuk menghentikan kerusakan gigi dan memberi bantuan pada mulut dalam melawan asam.

Saat ini pasien yang bermasalah dengan gigi menerima perawatan fluorida selama janji temu dengan dokter gigi, dan sebagai contoh kasus, pasokan fluorida di Amerika Serikat bertambah bersamaan dengan persediaan air publik.