Mengenal Tumor Hemangioma, Jenis Tumor Mirip Tanda Lahir yang Umumnya Dialami Bayi Baru Lahir

By , Senin, 27 November 2017 | 07:00 WIB
Anak ini menderita tumor hemangioma (Gisela Niken)

Nakita.id -  Tumor tak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga mungkin pada anak-anak.

Melansir dari Tribunnews.com seorang buruh tani asal Madiun mengaku kaget lantaran diberitahu akan kedatangan bupati Madiun ke rumahnya untuk menengok anaknya yang menderita tumor.

Balita berusia 1 tahun 9 bulan ini memiliki sebuah tumor sebesar bola tennis di pundak kirinya. Anak pasangan Sumarji (47) dan Partini (32) ini memiliki tumor sejak lahir.

Sementara itu, Sumarji ayah kandung Apriliana menuturkan, awalnya tumor di pundak kiri anaknya hanya sebesar tahi lalat. Namun, ketika usia anaknya tiga bulan, tumor tersebut semakin membesar.

Ayah tiga anak ini menuturkan, sebelumnya sudah membawa anak bungsunya ini ke puskesmas dan dirujuk ke Rumah Sakit Panti Waluyo. Namun, saat itu dokter tidak berani melakukan tindakan karena anaknya masih terlalu kecil.

Baca juga: Sebelum Tumor Penuhi Tubuh, Biasanya Akan Muncul Gejala-gejala ini

"Dari pihak rumah sakit menyarankan kalau sudah cukup umur, lima tahun baru bisa dioperasi," ucapnya.

Akibat tumor tersebut, anaknya kerap menangis ketika tidur. "Nangis kalau dipakai tidur," kata buruh tani tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Soelistyo Widyantono mengatakan, benjolan di pundak Apriliana merupakan Hemangioma, termasuk jenis tumor pembuluh darah yang tidak ganas.

Baca juga: Waspada Efek Sinyal Wi-fi terhadap Ibu Hamil dan Anak-anak

Hemangioma adalah suatu tumor jaringan lunak yang sering terjadi pada bayi baru lahir dan pada anak berusia kurang dari satu tahun dan juga merupakan salah satu kelainan pembentukan pembuluh darah yang dapat terjadi pada setiap jaringan dalam tubuh.

Selain itu, hemangioma juga bukanlah tanda lahir, sebab pada tumor akan timbul benjolan yang akan semakin membesar.