Rinni “Idol” Wulandari Mengalami Radial Styloid Tenosynovitis Saat Dirinya Sedang Hamil

By , Jumat, 24 November 2017 | 14:00 WIB
Masalah dikehamilan Rinni Ideo Wulandari (je)

Nakita.id - Kehamilan menurut pemilik nama lengkap Rini Wulandari (27) adalah sesuatu yang seru dan tidak akan pernah terlupakan sepanjang hidup, “Apalagi ini kehamilan pertama saya,” jelas istri dari Jevin Julian (26).

Malah Juara Indonesia Idol musim ke-4 2007, the best newcomer female singer in Anugerah Planet Muzik 2008 di Singapore ini, masih bisa beraktivitas seperti biasa. “Saya masih manggung, masih tour ke luar kota, masih latihan dan pemotretan, seperti sekarang ini dengan nakita,” dan juga saya, lanjut Rini, masih nge-dance.

Baca juga: Ibu Hamil Kurang Tidur di Malam Hari, Ini Dampaknya untuk Janin!

Walau kehamilannya seru, Rini mengaku diawal kehamilan dirinya pernah mengalami Radial styloid tenosynovitis (RST) yang menyiksanya, karena rasa sakit yang lumayan pada lengan kirinya.

Seperti ditulis www.mdguidelines.com, RST terjadi ketika tendon yang menggerakkan ibu jari ke atas atau ke luar (jauh dari jari telunjuk) menjadi nyeri dan bengkak (tenosynovitis). Gejalanya paling sering dilaporkan saat melakukan gerakan mencengkeram dan memutar berulang-ulang.

Dalam situs tersebut disebutkan, dua tendon yang sering terkena RST adalah otot ekstensor pollicis brevis dan abductor pollicis longus. Tendon ini melewati ujung radius (radial styloid) di pergelangan tangan. Penyebab tenosinovitis tidak diketahui (idiopatik).

Baca juga: Enam Alasan Perempuan Tak Nyaman Ketika Hamil Trimester Pertama

Walau menimbulkan rasa nyeri RST bukan sesuatu yang berbahaya. Menurut dokter, jelas Rini, dirinya mengalami RST bisa saja karena pengaruh kehamilan. “Penanganannya juga mudah dan tidak harus terapi khusus, apalagi hingga minum obat. Cukup dengan menggunakan sarung tangan khusus. Sekarang jarang kambuh. Kalau kambuh memang sakit, dan saya langsung mengenakan sarung tangan tersebut.” Papar Rinni.