Mengenali Aneurisma, Penyakit 'Bom Waktu' yang Diderita Bondan Winarno

By , Kamis, 30 November 2017 | 07:45 WIB
Bondan Winarno meninggal dunia (Gisela Niken)

Nakita.id - Kabar duka datang dari presenter acara kuliner dengan jargon 'maknyus', Bondan Winarno. Kabarnya, ia telah berpulang pada Rabu (29/11/2017) pukul 09.05 WIB.

Dilihat dari cuitannya di Twitter beberapa waktu lalu, ia didiagnosis penyakit aneurisma katup aorta, atau disebut juga aorta aneurysm.

Baca juga: Kabar Duka: Bondan Winarno ‘Mak Nyus’ Meninggal Dunia di Usia 67 Tahun 

Berdasarkan cuitannya terlihat bahwa Bondan Winarno memang mengalami aneurisma katup aorta, atau disebut juga aorta aneurysm.

Menurut American Heart Association (AHA), aneurisma adalah pelebaran pembuluh darah secara abnormal atau seperti balon yang disebabkan adanya dinding arteri yang melemah.

Dr. Howard A Riina, profesor bedah saraf di NYU Langone Medical Center mengatakan bahwa rasa sakit yang terkait dengan aneurisma otak sering digambarkan sebagai sakit kepala terburuk yang pernah dialami seseorang. 

"Orang yang memiliki migrain yang cukup parah mengatakan bahwa sakit kepala [terkait aneurisma] lebih buruk daripada yang pernah mereka alami." ujar Dr. Rina

Baca juga: Bikin Haru, Pak Bondan ‘Mak Nyus’ Mengucapkan Ini di Twitter Seminggu Sebelum Meninggal Dunia 

Lantas apa penyebabnya?

Penyakit atherosclerosis

Atherosclerosis adalah penyakit yang disebabkan adanya plak terbentuk di dinding arteri akibatnya, arteri menjadi lebih tebal.

Arteri adalah pembuluh darah berotot yang membawa darah dari jantung.