Jangan Moms Kira Jadi Seleb Cilik Seperti Anastasiya Knyazeva Itu Enak! Ini 5 Fakta dari Psikolog!

By , Selasa, 5 Desember 2017 | 09:19 WIB
Anastasiya Knyazeva ()

Nakita.id - Di zaman milenial ini, banyak juga balita yang mendadak tenar karena foto dan video lucunya menjamur di media sosial. Berbagai endorsement pun muncul, balita bisa menghasilkan uang sendiri sebagai selebgram.

Gadis cilik asal Rusia ini salah satunya. Sempat dijuluki sebagai balita tercantik di dunia, follower Anastasiya Knyazeva melesat tajam ke angka 400 ribuan.

Ana menjadi lebih terkenal ketika banyak media yang menulis tentangnya, hingga masuk ke jajaran tiga besar google trend!

Ketenaran anak di medsos pastinya berkat orang tua juga ya, bu. Berbagai karya di-posting oleh orangtua hingga akhirnya viral.

Tak jarang, followers anak jumlahnya jauh melebihi orangtuanya sendiri.

Lalu, bagaimana ya bu kata para ahli melihat fenomena itu?

Psikoanalis Wanda Behrens-Horrell L.C.S.W., N.C.P melalui artikelnya dalam situs Psychology Today yang berjudul “The Child Performer”, membeberkan fakta-fakta terkait fenomena anak balita yang menjadi selebritis.

1. Gelar “keartisan" pada anak dapat memengaruhi perkembangan sosio emosinya. Namun, hal tersebut tergantung pada motivasi orang tua dan anak, usia anak, durasi bekerja 'depan kamera', lingkungan kerja, dan kebutuhan finansial.

2. Anak yang sudah menjadi seleb sejak kecil cenderung merasa canggung dengan teban sebaya lain yang non artis atau seleb. Hal itu karena seleb cilik memiliki kegiatan atau keseharian yang berbeda dengan anak lain pada umumnya.

3. Anak cenderung merasa kesulitan dalam belajar kemandirian karena sudah terbiasa dengan kemewahan dan gemilangan harta.

4. Gejala tertekan berupa depresi, menangis, cemas, merasa bergantung melulu, dan mudah marah seringkali terjadi pada rentang usia 2-8 tahun.

5. Memiliki resiko yang tinggi dalam penyalahgunan obat-obatan, alkohol, dan kejahatan seksual.