Bukan Cuma Si Kecil, Moms Juga Wajib Sarapan di Pagi Hari Sebelum Mulai Beraktivitas, Ini Alasannya

By Nita Febriani, Jumat, 22 November 2019 | 13:00 WIB
Tak hanya Si Kecil, Moms juga wajib sarapan dengan menu yang sehat (freepik)

Nakita.id – Tak perlu diragukan lagi, Moms pasti selalu berusaha menyiapkan menu sarapan sehat terbaik untuk Si Kecil. Pasalnya, Si Kecil membutuhkan sarapan di pagi hari sebelum berangkat sekolah agar bisa berkonsentrasi penuh saat belajar.

Selain menyiapkan sarapan, rutinitas pagi Moms pun disibukkan dengan menyiapkan segala keperluan Dads dan Si Kecil sebelum berangkat. Belum lagi saat Moms juga harus menyelesaikan pekerjaan rumah yang menumpuk. Alhasil, sarapan pagi pun dianggap enteng dan dilupakan begitu saja.

Adapula Moms yang memang sengaja melewatkan sarapan pagi karena menyangka sarapan akan membuat tubuh menjadi gemuk. Padahal hal itu tidak benar lho, Moms!

Sarapan justru disebut sebagai makanan yang paling penting dalam satu hari. Bahkan jauh lebih penting daripada makan siang dan makan malam. Hal ini disebabkan karena sarapan adalah ajang untuk “mengisi bahan bakar tubuh” setelah kita berpuasa selama 6 hingga 8 jam saat tidur malam. Untuk itu, ketika bangun di pagi hari, hal penting yang harus diperhatikan pertama kali adalah sarapan.

Saat bangun, kadar gula darah tubuh kita berada di level rendah akibat tubuh yang beristirahat malam tadi. Dengan sarapan, Moms akan meningkatkan kadar gula darah tersebut. Seain itu, sarapan juga akan membangkitkan kinerja tubuh dalam beraktivitas di pagi hari.

Perhatikan Menu Sarapan

Menu sarapan sehat tak hanya dibutuhkan oleh Si Kecil yang akan menimba ilmu di sekolah. Moms pun perlu memperhatikan menu sarapan sehat yang seimbang untuk mengisi ulang energi. Jika tidak memperhatikan menu sarapan, bisa-bisa bukannya semakin bertenaga Moms malah akan lebih cepat mengantuk.

Seperti sarapan dengan gorengan atau makanan bersantan misalnya. Menu sarapan yang tinggi minyak dan berlemak ini akan membuat tubuh merasa lemas karena terlalu kenyang. Namun rasa kenyang ini tidak akan bertahan lama. Sehingga Moms akan cenderung mencari-cari cemilan di sela kegiatan.

Agar tubuh menghasilkan energi dengan baik, pilihlah menu sarapan sehat yang mengandung protein tinggi. Protein akan membuat perut kenyang meski hanya dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Moms pun akan terhindar dari godaan ngemil karena protein mampu mengaktifkan sinyal di otak dan memerintahkan tubuh untuk menahan rasa lapar.

Salah satu menu sarapan yang bisa Moms pilih sebagai sumber protein adalah Oats. Oats (Avena Sativa) merupakan keluarga serealia yang memiliki kandungan protein paling tinggi bila dibandingkan dengan nasi dan tepung gandum. Dalam 100 gram oats terdapat 13,7 gram protein, sedangkan nasi hanya mengandung 7,1 gram dan tepung gandum mengandung 10,3 gram protein dalam takaran yang sama.

Mengonsumsi oats sebanyak 40 gram saja saat sarapan dapat menghasilkan energi yang bisa membuat tubuh merasa kenyang hingga 4 jam lho! Ya Moms, kandungan serat tinggi yang terdapat dalam oats juga akan menyehatkan sistem pencernaan dan membuat Moms merasa kenyang lebih lama daripada mengonsumsi mie atau nasi.

Ini disebabkan dalam 100 gram oats, kandungan seratnya mencapai 9,4 gram, lebih tinggi daripada nasi dan mie dalam jumlah yang sama. Serat larut atau Beta glucan yang dimiliki oats juga memiliki manfaat luar biasa, Moms. Beta glucan yang hanya terkandung di dalam oats ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.